Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- Tanpa terasa, Jaringan Pemred Sumatera Barat (JPS) pada 13 Desember 2022 sudah berusia 3 tahun sejak dideklarasikan para pemimpin media cetak, online dan elektronik pada 13 Desember 2019 lalu di Daima Hotel. Namun, peringatan hari jadi organisasi Pemred dan Owners media di Sumbar ini, gebyarnya dilaksanakan pada Jumat 13 Januari 2023 pukul 14:00 WIB di Kupi Batigo, Jalan Ahmad Dahlan, Padang.

"Ya gebyar HUT 3 Tahun JPS. digelar pada Jumat 13 Januari 2023 nanti di Kupi Batigo Alai, Padang Utara. Selain syukuran, kita juga menggelar diskusi bertema "Netralitas Jurnalis dalam Pemilu 2024," ujar Koordinator JPS Sumbar Heri Sugiarto usai rapat panitia, Rabu (4/1).

Heri didampingi Sekretaris JPS Zondra Volta serta Ketua Panitia Pelaksana HUT dan Diskusi JPS Almudazir mengatakan netralitas jurnalis di pesta demokrasi sangat penting dan krusial dibahas sehingga bisa dipahami para pimpinan media dan jurnalis.

"Pola penyajian berita yang netral dan apa rambu-rambu pemberitaan pada Pemilu 2024 penting dipahami oleh para pemred dan jurnalis media yang tergabung di JPS," ujar Zondra Volta yang akrab disapa Pajok Itu.

Selain itu Almudazir menambahkan bahwa Diskusi 13-an yang diadakan pada Hari Jadi ke-3 JPS ini juga akan mendeklarasikan "Ayo Sukseskan Pemilu 2024, Jangan Golput dan Perangi Hoaks".

"Jurnalis sebagai pilar keempat demokrasi tentu punya peran strategis dalam mengawal pesta demokrasi agar berlangsung berkualitas dan berintegritas," ujar Almudazir didampingi Penasihat JPS Novrianto Ucok.

Diskusi mengusung tema Netralitas Jurnalis dalam Pemilu 2024 akan mengundang pembicara Kapolda Sumbar, Akademisi, KPU dan Bawaslu Sumbar serta Penasihat JPS Leonardy Harmainy dan HM Nurnas, Khairul Jasmi dan Khadafi Azwar.

Selain diskusi 13-an momen gebyar 3 tahun JPS juga menggelar musyawarah untuk  menyusun program tiga tahunan dan pemilihan Koordinator JPS.

"Calon koordinator banyak, tapi kita berharap musyawarah tidak gaduh. Harus mengedepankan musyawarah dan mufakat," ujar Owner Tribun Sumbar Adrian Tuswandi. (rel)

 
Top