Faktual dan Berintegritas



JAKARTA, SWAPENA -- Kini penumpang dan pengunjung di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tidak lagi sekedar tempat naik-turun pesawat dan menikmati keindahan bandara, namun bakal diramaikan oleh gerai produk UMKM dari 17 provinsi. 

"Sepanjang 2023 Bandara Soekarno-Hatta bakal diramaikan kehadiran ratusan pelaku UMKM mitra binaan AP II dari berbagai daerah yang melakukan promosi dan penjualan produk, serta menampilkan kesenian daerah," ungkap President Director PT Angkasa Pura II (AP II) Perseo, Muhammad Awaluddin dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (29/1). 

Dikatakan, AP II selama ini telah menjalankan program terintegrasi dari hulu hingga hilir untuk mendorong UMKM naik kelas mulai dari inkubasi, pelatihan, pembiayaan, pendampingan, hingga promosi dan pemasaran produk. Program ini menjangkau UMKM yang terletak di 17 provinsi di mana bandara-bandara AP II beroperasi. 

Untuk itu, tutur Awaluddin, pada 2023 dukungan bagi mitra binaan UMKM akan diperkuat dengan memperluas promosi dan pemasaran di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. 

"Program pembiayaan, serta promosi dan pemasaran UMKM dari berbagai provinsi secara gratis di Bandara Soekarno-Hatta, merupakan salah satu upaya mewujudkan inklusivitas bagi UMKM, sesuai yang ditekankan Menteri BUMN Erick Thohir," ujarnya. 

Erick menyebutkan, ini wujud kemajuan yang memiliki harapan ketika kita bicara mengenai inklusi keuangan. Maka dari itu, kita harus lebih memastikan program-program inklusif yang mendorong UMKN naik kelas, dapat berjalan berkelanjutan. Karena melalui UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian rakyat juga lah dapat kita atasi persoalan yang dihadapi, hingga meraih Indonesia merdeka dan berdaulat. 

Lanjut Awaluddin, dukungan pembiayaan hingga perluasan promosi dan pemasaran ini diharapkan dapat mengakselerasi UMKM untuk naik kelas. “Setiap bandara AP II menyediakan area untuk promosi dan pemasaran produk UMKM. Pada tahun ini AP II menjalankan konsep baru dalam pengembangan UMKM, di mana mitra binaan UMKM mendapat dukungan tambahan untuk promosi dan pemasaran produk secara gratis di Gerai Nusantara yang terletak di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta," ungkapnya. 

“Kami berharap promosi dan pemasaran produk UMKM dari 17 provinsi ini di Bandara Soekarno-Hatta akan mengakselerasi UMKM untuk naik kelas. Gerai Nusantara merupakan area khusus di Terminal 3 yang dedikasikan untuk pengembangan UMKM. Area Gerai Nusantara cukup luas dan sangat mendukung konsep airport mall UMKM dan tepat dijalankan di Terminal 3 yang sudah memiliki konsep sebagai mall,” tambah Awaluddin. 

Sementara itu, Directof of Human Capital AP II, Ajar Setiadi mengatakan UMKM asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi yang pertama dalam melakukan promosi dan pemasaran di Gerai Nusantara Terminal 3 pada tahun ini. Mitra binaan ini akan melakukan promosi dan pemasaran produk-produknya di Gerai Nusantara Terminal 3 pada 1 - 28 Februari 2023.  

“Tidak sekadar mengenai promosi produk, nanti ornamen dan kesenian khas Kepulauan Bangka Belitung juga ditampilkan di Gerai Nusantara Terminal 3. Ini konsep yang kami jalankan tahun ini. Jadi ada promosi dan pemasaran produk UMKM yang dilengkapi juga dengan promosi pariwisata dan kesenian daerah asal UMKM tersebut,” pungkas Ajar Setiadi. (ym)


 
Top