Faktual dan Berintegritas



PD. PANJANG, SWAPENA -- Kecelakaan beruntun mengerikan yang terjadi di jalur utama Padang Panjang-Bukittinggi, tepatnya di Nagari Panyalaian, Jecamatan X Koto,  Kabupaten Tanah Datar, Kamis (26/1) menewaskan 3 orang. Selain itu, terdapat 9 orang kuka-luka pada  Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB itu.

Informasi yang diperoleh swapena.com, tragedi mengerikan itu berawal dari truk bermuatan pakan ayam mengalami masakah pada rem, lalu menabrak 5 unit mobil dan 3 unit sepeda motor. Bunyi besi beradu dan jerit tangis membahana di sore itu.

Dari 3 orang tewas dua di antaranya pasangan suami istri. Sedangkan satu lagi anak-anak. Para korban  termasuk 9 luka-luka dilarikan ke RSUD Padang Panjang dan RS Yarsi Padang Panjang.

Hanya saja, hingga berita ini ditulis, belum didapatkan identitas para korban. Yang pasti, 7 korban dievakuasi ke RS Yarsi Padang Panjang, 5 lainnya ke RSUD Padang Panjang.

Tabrakan beruntun diduga kuat disebabkan truk BA 8753 IU yang datang dari arah Bikittinggi  mengalami rem blong sejak memasuki turunan Koto Tuo. Truk tersebut menghantam 5 unit mobil dan 3 unit sepeda motor. Saking kerasnya hantaman, roda belakang truk beserta sumbunya bercerai dari bodi dan bagian kepalanya hancur tak berbentuk.

Truk maut itu baru berhenti setelah terguling ke dalam selokan sebelah kiri dari arah Bukittinggi. Lima unit mobil yang ditabrak truk itu adalah Fortuner B 1469 PJG, Honda CRV AD 7622 UA, Toyota Kijang super BA 1985 NM, pickup BA 9634 AE dan mobil BA 1185 LA.

Kemacetan panjang dari dua arah pun tak bisa dihindarkan. Kemacetan baru bisa diatasi setelah bangkai kendaraan dievakuasi ke pinggir jalan.

Kapolres Padang Panjang AKBP Donny Bramanto,S.I.K melalui Kasat Lantas Iptu Aldy Lazzuardy S.I.K. menerangkan, awal kejadian truk berwarna hijau BA 8753 IU yang dikemudikan oleh Narvion Gani (48) datang dari arah Bukittinggi menuju Padang. Setiba di lokasi mengalami blong rem  sehingga truk hilang kendali dan menabrak sebanyak 5 mobil serta 3 sepeda motor.

Kasus kecelakan maut ini ditangani Satlantas Polres Padang Panjang untuk pengusutan lebih lanjut. (js)

 
Top