Faktual dan Berintegritas


JAYAPURA, SWAPENA-- Masih dalam rangkaian kunjungan Wakil Gubernur Audy Joinaldy ke Papua guna memberikan dukungan untuk Kontingen Sumbar pada PON XX. Wagub Audy membesuk Khaidir Anas, atlet gantole yang tengah cedera pasca menyumbangkan medali perak bagi Sumatera Barat di RSUD Kota Jayapura, Papua, senin (4/10).

Sebelumnya Khaidir Anas mengalami kecelakaan saat hendak take off di Venue Gantole Lapangan Advent Doyo Baru, PON XX Papua 2021, Minggu (3/10) sekitar pukul 12.50 WIT.

Tampil di nomor kelas A Lintas Alam, Khaidir terjatuh hingga mengalami luka pada beberapa bagian tubuhnya. Beruntung panitia cabang olahraga gantole bertindak cepat dan membawa atlet kelahiran 2 November 1987 ini ke rumah sakit terdekat di Kabupaten Jayapura. Malam harinya, Khaidir dirujuk ke RSUD Kota Jayapura di Dok 2, Kota Jayapura.

Dalam kesempatan itu, Wagub Audy menyampaikan terimakasih atas perjuangan Khaidir, dan mendoakan agar ia segera pulih dari cedera yang dialami.

"Khaidir sudah memberikan yang terbaik, kita doakan supaya beliau cepat sembuh," ujar Audy.

Sementara itu, dokter kontingen Sumatera Barat, Dr. dr. Afriwardi menginformasikan kondisi Khaidir Anas pada Senin pagi (4/10) sudah mulai membaik dan bisa kembali berkomunikasi secara langsung.

"Dia sudah mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar," ungkap Afriwardi.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas ini menerangkan, hasil pemeriksaan melalui CT Scan pada kepala Khaidir juga tidak menemukan kendala.

"Hasilnya (scan kepala) baik. Kami kini masih menunggu hasil observasi dan CT Scan punggung Khaidir, yang tentunya bisa menjelaskan tindakan tim medis lebih lanjut. Komunikasi kami dengan tim medis di Jayapura juga berlangsung baik,"katanya.

"Soal koordinasi dengan tim medis sangat luar biasa dan peristiwa ini mendapat perhatian dari komite medis PB PON," tambah Afriwardi.

Lebih lanjut, kata Afriwardi, Khaidir sudah mampu merunut kronologi berikut tahap-tahap kejadian yang ia alami dengan baik. Kondisi seperti ini  sangat menggembirakan terkait dengan perkembangan Khaidir. 

Disamping itu, Ketua Umum KONI Sumbar Agus Suardi mengatakan pihaknya terus mengawasi dan memantau kondisi khaidir setiap saat. Tim dokter Sumbar akan terus melakukan pengawasan terhadap para atlet yang mengalami cidera agar segera membaik. Ia juga mengapresiasi kehadiran dan tanggap Wagub Audy di Jayapura dalam memberikan support bagi kontingen.

"Pak Wagub minta kondisi ini untuk dikomunikasikan dengan keluarga di Padang agar tak timbul rasa kuatir, sekaligus memastikan Khaidir dalam pengawasan kita di sini," kata Agus.

Di lain pihak, rekan satu tim Khaidir, Rijalul Fathani juga menginformasikan bahwa Khaidir sudah bisa berkabar dengan istrinya melalui komunikasi hubungan telepon. 

"Kami mohon doa masyarakat Sumbar agar kondisi Khaidir kian membaik," ajak Rijalul yang juga sudah mempersembahkan medali perak untuk Sumbar. (mc)

 
Top