Faktual dan Berintegritas


JAKARTA, SWAPENA -- Masyarakat Kota Padang masih berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di luar Jawa-Bali. PPKM tersebut diperpanjang hingga 18 Oktober 2021 mendatang. 

Pengumuman perpanjangan PPKM level 4 itu disampaikan oleh pemerintah Senin (4/10) sore. Ada 6 kabupaten/kota yang diperpanjang pada level 4, termasuk Kota Padang.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ada beberapa kabar terbaru yang perlu diketahui warga. Di PPKM luar Jawa-Bali, pemerintah mengumumkan enam daerah yang masih menerapkan PPKM level 4. Sementara itu, jumlah daerah yang menerapkan PPKM level 3 pun bertambah.

Dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Menko  Airlangga Hartarto menyebutkan PPKM luar Jawa-Bali diperpanjang dua minggu, yakni 5 Oktober-18 Oktober 2021. "Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali diusulkan untuk 2 minggu ke depan, yaitu 5-18 (Oktober) dengan cakupan adalah enam kabupaten/kota, sebelumnya 10 kabupaten/kota," kata Menko Airlangga Hartarto.

Inilah 6 daerah yang masih di level 4 tersebut yang dikutip dari detikcom:

1. Kabupaten Pidie, Aceh

2. Kabupaten Bangka, Bangka Belitung

3. Kota Padang, Sumatera Barat

4. Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

5. Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara

6. Kota Tarakan di Kalimantan Utara

Menurut Airlangga, 6 daerah dimaksud belum mencapai target vaksinasi yang ditentukan. Hal lainnya disebabkan oleh testing yang masih terbatas atau ada kenaikan sedikit positivity rate walaupun level-level tersebut sebelumnya lebih rendah dari yang ada.

Kali ini, di masa perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali, jumlah daerah yang menerapkan PPKM level 3 berkurang. Tren positif juga ditunjukkan sejumlah daerah. "Sedangkan PPKM level 3 di 43 Kabupaten/Kota, ini perbaikan dari sebelumnya ada 108. Dan PPKM level 2 meningkat 292 kabupaten/kota dari 249 sebelumnya," ucapnya. (dtc) 

 
Top