Faktual dan Berintegritas

 Tiba-tiba Lantai Rumah Yasmani Terban Ketika Gubernur di Atasnya

Sungai Nanam TV

ALAHAN PANJANG, SWAPENA -- Dari Kecamatan Lembang Jaya, Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi dan rombongan melanjutkan Safari Ramadhan ke Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Rombongan tersebut 'numpang' sahur di salah satu rumah warga miskin Taratak Pauh.

Sahur di rumah-rumah warga merupakan bagian dari program Mahyeldi yang dirutinkan sejak ia menjadi Walikota Padang dan diberi tajuk 'Singgah Sahur'. Rumah yang dipilih adalah rumah warga miskin.

Di Taratak Pauh tersebut, rumah yang dipilih Gubernur Mahyeldi untuk tempat sahur, Minggu (10/4) adalah milik Yasmani yang oleh warga setemlat disapa Etek Yasmani.

Didampingi sejumlah pejabat baik provinsi maupun Kabupaten Solok, Buya Mahyeldi tiba di Jorong Taratak Pauh, Sungai Nanam itu sekitar pukul 23.00 WIB dan beristirahat sembari i,tikaf di masjid Nurul Falah. Sekitar pukul 03,30 WIB, Gubernur mengunjungi rumah Yasmani untuk  sahur bersama dengan keluarga miskin tersebut.

Sang pemilik rumah tak menyangka akan kedatangan gubernur dan pejabat penting lainnya. Apalagi menjelang pagi seperti itu.

Alasannya karena kondisi rumahnya yang sangat jauh dari layak huni.

Dikutip dari akun Sungai Nanam TV, rumah papan yang telah lapuk itu dibangun tahun 1992 silam. Air mata sedih tak kuasa ditahan Buya Mahyeldi, saat berada di rumah tersebut bersama para pejabat lainnya, tiba-tiba lantainya terban (turun) dari posisinya. Diperkirakan bal itu terjadi karena lantai papan yang sudah 'uzur' itu tak kuat menahan beban.

Kenyataan itulah yang membuat hati gubernur miris. Meski demikian pihaknya sudah menyiapkan dana Rp25 juta untuk bedah rumah. Dengan penuh haru bantuan sebanyak itu diterima Yasmani didampingi 2 anaknya.

Gubernur pun pamit, sebelum naik kendaraan dinas Gubernur melihat sekeliling rumah etek Yasmani, melihat rumah kakak beliau kondisi yang sama memprihatinkan, Gubernur pun meminta agar juga diberikan bedah rumah buat kakak beliau.

Selesai sahur, Gubernur melanjutkan perjalanan ke Masjid Nurul Hasanah Parak Tabu dan melaksanakan shalat subuh berjamaah serta memberikan tausyiah subuh. (*)

 
Top