Faktual dan Berintegritas



PADANG – Sebanyak 2.125 orang calon mahasiswa baru lulus di Universitas Andalas (Unand) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin mengatakan, data tersebut telah diumumkan pada Selasa (28/3) kemarin di laman resmi Kemendikbud dan laman mirror Unand.

“Selamat datang dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Unand,” ujar Mansyurdin kepada para calon mahasiswa baru yang lulus jalur SNBP tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang lulus di SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

“Bagi yang belum lulus jangan patah semangat, karena SNBP bukan satu-satunya jalur untuk masuk ke perguruan tinggi, masih ada kesempatan belajar di Unand melalui jalur SNBT dan SIMA,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Mansyurdin mengungkapkan dari 2.125 calon mahasiswa tersebut termasuk pengusul Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) sebanyak 878 yang tersebar dari berbagai program studi (prodi).

Sementara itu, Direktur Pembelajaran dan Pendidikan Unand, Nur Afrainin Syah menuturkan, penerimaan jalur SNBP ini kuotanya 20 persen dari total penerimaan mahasiswa baru.

Dia juga menyebutkan, sepuluh prodi yang tinggi keketatan pada jalur SNBP ini yakni farmasi, ilmu biomedis, gizi, informatika, kedokteran gigi, kebidanan, sistem informasi, kedokteran, psikologi, dan administrasi publik.

Selanjutnya, untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Unand menerima sebanyak 2.910 orang atau 35 persen dari total penerimaan mahasiswa baru.

Adapun daya tampung tertinggi untuk jalur SNBT ini yaitu fakultas hukum dengan jumlah 220 orang dan fakultas peternakan sebanyak 160 orang. (sgl)

 
Top