Faktual dan Berintegritas


PADANG, SWAPENA -- PT PLN (Persero) bergerak cepat amankan pasokan listrik pasca gempa M 6,9  yang mengguncang wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya, selasa (25/04) dinihari. General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho menjelaskan, ditengah kepanikan warga berbondong- bondong mencari posisi aman, petugas PLN tetap fokus dan berkomitmen tetap melayani. Dalam  kurun waktu lebih kurang dua jam kondisi kelistrikan Sumbar sudah pulih 100% hingga kepulauan Mentawai.

“PLN terus melakukan upaya pemulihan jaringan listrik pasca gempa yang mengguncang Sumbar dan sebagian daerah Sumut pada dinihari tadi. Sebanyak 53.995 pelanggan di Sumbar mengalami dampak gempa, tapi Alhamdulillah petugas bergerak cepat sehingga pada Selasa pukul 04:52 WIB, 100% persen pelanggan terdampak gempa kini listriknya telah menyala kembali,” ungkap Eric.

Eric menambahkan sebanyak 432 gardu terdampak di Sumbar berhasil dinyalakan oleh petugas PLN di lapangan. Petugas PLN juga melakukan pengecekan untuk lokasi vital dan pelayanan publik seperti rumah sakit dan rumah ibadah.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sumbar Yenti Elfina mengungkapkan meski jarak antara bibir pantai dan control center Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP2D) hanya sekitar 1 kilometer, namun Manajemen PLN tetap bertolak ke Kantor Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D Sumbar), sesaat setelah terjadinya gempa dan mengerahkan petugas turun ke lapangan untuk mengecek dan memastikan kondisi jaringan aman. 

“Komitmen untuk melayani sepenuh hati dibuktikan dengan gerak cepat Manajemen dan petugas PLN dalam menangani sistem kelistrikan pasca gempa. Tidak hanya di Padang, namun petugas PLN di Mentawai juga tetap _standby_ beroperasi demi menjaga kelangsungan listrik untuk masyarakat Kepulauan Mentawai. 

“Petugas juga siaga 24 jam di _Command Center_ dan _dispatcher_ UP2D Sumbar untuk memantau dan mengendalikan proses pemulihan listrik di seluruh wilayah Sumbar.

Yenti merinci PLN juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Mentawai, untuk memastikan langkah penanganan listrik yang cepat dan sesuai dengan prosedur yang berlaku ditengah kondisi darurat sehingga mendapat apresiasi dari Kepala BPBD Kepulauan Mentawai, Novriadi.

“PLN sangat responsif dalam menangani urusan listrik sehingga tidak ada gangguan berarti di Mentawai. Kami sangat mengapresiasi upaya insan PLN agar pelanggan dapat kembali menikmati listrik,” ujar Novriadi. (rls)

 
Top