Faktual dan Berintegritas



PADANG -- Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) unggul dari 23 provinsi lain dalam lomba temu karya, yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Pekan Nasional (Penas) Tani Nelayan XVI di Aula Bappeda Provinsi Sumbar, Selasa (13/6). Provinsi NTB dinilai oleh dewan juri mempunyai inovasi yang memiliki teknologi tepat guna di bidang pertanian yaitu, isian pemadatan Baglog (Ispalog) untuk budidaya jamur tiram. 

Ispalog ini mempunyai keunggulan yang dapat memberikan kemudahan dalam budidaya jamur tiram karena dinilai ekonomis dan dapat menekan biaya produksi jamur.

Dalam pembacaan keputusan oleh ketua dewan juri lomba, Harmaini memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah berkontribusi dalam ajang iven Penas Tani dan Nelayan kali ini. "Bapak, Ibuk semua adalah juara. Harapan kami setelah acara ini, Bapak dan Ibuk bisa mengembangkan inovasi dalam bidang pertanian ini di daerah asalnya," ucap Harmaini.

Urutan peringkat dari pemenang lomba temu karya Penas Tani Nelayan XVI adalah: Juara I dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Juara II  Bangka Belitung dan Juara III diraih oleh Provinsi Jawa Barat. Sedangkan untuk posisi juara harapan diraih oleh Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Kalimantan Timur dan Harapan III dari Provinsi Papua. Untuk juara favorit diraih oleh Provinsi Jogjakarta, Bengkulu dan Lampung.

Salah seorang perwakilan dari peserta NTB yang menyabet juara I, Srimola, berharap dengan adanya alat Isian Pemadatan Baglog, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) lain bisa mencontoh inovasi yang mereka buat dan dapat dimanfaatkan terutama dalam budidaya jamur. "Karena yang kami bawa ini adalah dari barang-barang bekas menjadi barang yang bernilai jual, maka kami berharap alat ini bisa menjadi percontohan dan bisa menambah income bagi ibu-ibu dalam menjalankan usaha budidaya jamur," tutup Srimola. (kmf)

 
Top