Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Polda Sumbar lewat Subdit I Direktorat Intelkam kini punya Rumah Kebangsaan. 

Rumah Kebangsaan Sumatera Barat itu digagas Subdit I Dir Intelkam Polda Sumbar seperti Kanit I Subdit I AKP Harmon, dan AKP Andri serta beberapa perwira antara lain Iptu Rizki Saktiko, Iptu Kiki, Ipda Aldi Putra berada di Jalan Gajah Mada atau di seberang SD Negeri Alai, Padang Utara Kota Padang. 

Salah seorang wartawan Sumbar,  Nofrianto menganggap penting Rumah Kebangsaan ini untuk melahirkan narasi baik, benar dan terpercaya, berangkat dari data dan fakta untuk Sumbar dan Indonesia kondusif bebas dari hoaks dan SARA. 

"Saya apresiasi Rumah Kebangsaan Polda Sumbar, ke depan tentu dapat memperkaya khasanah tekad bersama kita lawan hoaks dan narasi SARA," ujar Nofrianto, Kamis (15/6).

Diskusi Rumah Kebangsaan hari ini lebih mengerucut kepada penggiringan opini politik nasionalis dan agamais. 

"Harus ada keberanian menetralisir narasi yang mengandung konten perpecahan seperti agamais dan nasionalis yang dibenturkan itu, termasuk politik identitas. Jangan terjadi pembiaran terhadap narasi yang tidak pas dalam bingkai keterbukaan, harus cepat untuk menteralisirnya. Ingat sesuatu yang dibiarkan lalu viral itu sulit untuk meng-counternya," ujar Ketua Jaringan Pemred Sumbar (JPS) Adrian Tuswandi pada diskusi Rumah Kebangsaan Polda Sumbar tersebut. 

Toaik biasa komisioner KI Sumbar dua periode ini disapa banyak kalangan, berharap personel di Polda yang menggagas Rumah Kebangsaan punya maping risiko dari narasi yang tersebar di media sosial. 

"Harus ada personel yang mengamati narasi mempertentangkan agamais dan nasionalisme dan identitas dalam agenda politik, lalu langsung menetralisir narasi yang tidak benar itu. Rumah Kebangsaan ini ada karena harapan Presiden Joko Widodo dan didukung kelompok aktifis dikenal kelompok Cipayung," ujar Toaik. 

Rumah Kebangsaan ke depan lebih mempergencar interaksi dan sharing dengan berbagai kelompok di lapisan masyarakat. Tentu semua produk informasi positif dari Rumah Kebangsaan ini kata Almudazir, JPS siap mensiarkan ke seluruh publik Sumbar khususnya di Sumbar. (*)

 
Top