Faktual dan Berintegritas


PADANG  – Universitas Andalas (Unand) Padang, kembali membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru pada jalur Sima (Seleksi Mandiri). Pada jalur ini Unand menyediakan 2.387 kuota untuk mahasiswa baru.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor I Unand Prof Mansyurdin dalam keterangan persnya bersama sejumlah awak media di ruangan sidang senat, lantai 4 Rektorat Kampus Unand Limau Manis, Kamis (8/6).

“Tahun ini kami menyediakan daya tampung sebesar 42 persen penerimaan mahasiswa baru jalur Sima Unand, di antaranya Sima Akademik nilai UTBK sebanyak 770 orang, SIMA Akademik ujian tertulis sebanyak 1.154 orang, SIMA prestasi, kerja sama, disabilitas 428 orang dan SIMA Kelas Internasional 40 orang,” ungkapnya.

Prof Mansyurdin juga menyampaikan tahun ini juga ada yang baru yakni SIMA kelas internasional. Berbeda dengan Sima mahasiswa internasional, SIMA kelas internasional ini diisi oleh mahasiswa warga negara Indonesia (WNI) namun belajarnya juga ada ke luar negeri.

“Biasanya kan jalur Sima ada lima, jalur akademik, prestasi, kerjasama, disabilitas, dan mahasiswa internasional, serta yang baru kali ini Sima kelas internasional,” jelasnya.

Kemudian Prodi yang didorong untuk masuk ke kelas Sima adalah prodi yang sudah terakreditasi secara internasional karena akan memudahkan mahasiswa dalam proses belajar.

Keuntungan lainnya, bagi mahasiswa yang masuk kelas internasional adalah mereka memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk bekerja dan mengembangkan dirinya di luar negeri.

“Saat ini yang sudah klop adalah manajemen, ekonomi dan akuntansi. PTN-BH yang sudah mapan seperti UI, UGM, ITB dan lainnya sudah lama membuka kelas internasional ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, 2023 ini Unand menerima 7.350 orang melalui tiga jalur, yakni 27 persen Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 41 persen jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan 42 persen Seleksi Mandiri (SIMA).

Untuk informasi lebih lengkap terkait penerimaan mahasiswa baru Universitas Andalas dapat mengunjungi laman pmb.unand.ac.id atau juga dengan mengakses akun media sosial IG, Facebook dan Twitter @unandofficial. (MC)

 
Top