Faktual dan Berintegritas


SOLOK -- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat konsisten mendukung pengembangan infrastruktur sektor agrowisata Sumatera Barat lebih maju, mandiri, dan modern. Kali ini, melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN UID Sumbar dukung Agrowisata Batu Patah, Payo Kota Solok dengan bantuan senilai Rp300 juta. 

Bantuan direalisasikan dalam pengadaan infrastruktur, yaitu pembuatan gapura, gazebo, sudut swaphoto, taman-taman, hingga perluasan budidaya bunga krisan. Bantuan TJSL ini secara simbolis diserahkan Senin (21/6) lalu. Bantuan PLN diterima oleh Koperasi Solok Serambi Madinah di Agrowisata Batu Patah Payo Kota Solok sebagai pengelola Agrowisata tersebut.

Dukungan PLN terhadap pengembangan Agrowisata Batu Patah Payo mendapat apresiasi dari Walikota Solok Zul Elfian. Walikota sangat berterima kasih kepada PLN yang telah ketiga kalinya memberikan bantuan untuk pengembangan Agrowisata Batu Patah Payo.

‘’Pemko Solok sangat mengapresiasi PLN, karena di tengah tugas melistriki seluruh penjuru negeri, PLN juga hadir mendukung pertumbuhan ekonomi. Kali ini dengan mendukung sektor pariwisata di Kota Solok, yaitu Agrowisata Batu Patah Payo. Semoga bantuan ini berdampak positif pada perekonomian masyarakat sekitar,” kata Zul Elfian.

Sebelumnya, PLN telah menyalurkan bantuan pengembangan di lokasi yang sama pada 2021 dan 2022. Bantuan senilai Rp55 juta dan Rp150 juta tersebut digunakan untuk pengadaan sarana prasarana dan mempercantik kawasan agowisata dimaksud.

Genenal Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, Program TJSL merupakan wujud komitmen PLN hadir di tengah masyarakat di luar inti bisnisnya. TJSL juga merupakan wujud sumbangsih perseroan terhadap pinsip Sustainable Development Goals (SDGs) ke-8 dalam hal meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Eric berharap, bantuan dari PLN dan pengelolaan yang tepat dari warga sekitar dapat membuat kawasan wisata ini terus bertransformasi layaknya sebuah wisata edukasi berwawasan lingkungan dan budaya yang membawa peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi warga.

Sementara itu Safni, Ketua Koperasi Solok Serambi Madinah mengatakan, pengembangan dari bantuan TJSL PLN berdampak signifikan pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Agrowisata Batu Patah Payo. “Pengunjung terus meningkat setiap tahunnya. Pada pertengahan tahun ini saja sudah mencapai 24 ribu  pengunjung,” katanya.

Bertambahnya pengunjung, terang Safni bukan hanya menambah pendapatan agrowisata, tetapi juga membantu perekonomian masyarakat sekitar yang menjajakan dagangannya atau memberikan berbagai layanan jasa.  ’Terima kasih sekali lagi kepada PLN. Semoga kawasan ageowisata ini dapat terus berkembang lagi dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat,” lanjutnya. (rls)

 
Top