Faktual dan Berintegritas



PADANG - Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan Tahun 2023 menghadirkan Pameran Pembangunan Pertanian dan Gelar Percontohan Agribisnis di Lanud Sutan Sjahrir, Padang, mulai 10 hingga 15 Juni.

Pada pameran ini, cukup banyak stand yang memamerkan produk andalannya. Stand tersebut dari pihak swasta serta dari Dinas Pertanian sejumlah daerah di Indonesia.

Dari sekian banyak daerah yang memamerkan produk andalannya, stand Pemko Padang yang cukup menarik perhatian. Pengunjung nampak sibuk memilih mukenah yang dijual di stand itu.

Mukenah yang dijual beragam model dan corak. Harganya pun bervariasi. Menariknya, tidak ada tawar menawar harga. Pengunjung yang notabene merupakan dari daerah lain langsung berminat dan membeli.

Tidak saja memamerkan mukenah, Stand Pemko Padang juga memamerkan produk olahan dari buah naga. Seperti selai buah naga, camilan, dan lainnya. Produk ini berasal dari UMKM "Parakno".

Selain itu juga dipamerkan rendang olahan, kerupuk kulit, dendeng, arai pinang, kareh-kareh rasa gula aren, serta serundeng. Makanan yang telah dipacking ini dijual bervariasi, mulai dari Rp20 ribu perpackingnya.

Tidak itu saja, di Stand Pemko Padang juga dipamerkan Ecoenzym, serai wangi, dan lainnya. Pengunjung nampak tertarik mencoba dan membelinya.

Hampir seluruh stand ramai dikunjungi pengujung namun beberapa stand lain juga cukup menyita perhatian adalah Jawa Tengah dan Papua Barat.

Di stand Dinas Pertaniannya Jawa Tengah, pengujung dapat berfoto dengan bibit Aplukat Raja Mentega dan Wina yang memang sengaja diboyong dalam perhelatan kali ini.

Alpukat Raja Mentega memiliki bentuk seperti Terong namun dengan ukuran jauh lebih besar sedangkan Alpukat Wina lebih membulat, keduanya memiliki berat rata-rata 1 hingga 1,2 kilogram per-buahnya.

Buah-buahan tersebut digantung sehingga pengujung bisa melihat dan memegang secara langsung bahkan banyak yang berfoto dengan aplukat tersebut.

Sementara itu stand milik Papua Barat tidak hanya memboyong produk pertanian namun juga perikanan untuk dikenalkan pada pengujung.

Salah satu yang menjadi daya tarik stand ini pengujung dapat mencoba bahkan berfoto dengan hiasan kepala khas Papua Barat yakni Rumbai-Rumbai.

Selain dua daerah tersebut, stand Provinsi Jambi juga ramai dikunjungi pengujung. Di sini masyarakat dapat mencoba buah nanas tangkit.

Nanas tangkit merupakan nanas jenis queen yang dilepas sebagai komoditas unggulan Provinsi Jambi yang berasal dari Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi.(dkf)

 
Top