Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Setelah sukses menggelar acara di Kota Payakumbuh, Roadshow Bus KPK Tahun 2023 yang mengusung tema "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi” kini berlanjut di Kota Padang. SMAN 2 Padang adalah salah satu sasarannya.

Di hadapan ratusan siswa-siswi SMAN 2 Padang, Roadshow Bus KPK menggelar sosialisasi anti korupsi, di halaman sekolah itu, Sabtu (7/10). Rombongan disambut antusias oleh para guru dan siswa  di sekolah tersebut. Ada pawai pelajar hingga penampilan bakat para siswa-siswi SMAN 2 kota Padang.

Tujuan dari sosialisasi adalah menanamkan jiwa anti korupsi sejak dini serta membangun moral bangsa yang berintegritas di kalangan pelajar. Roadshow kian menarik dengan adanya dialog interaktif serta games “Anti Korupsi” yang diakhiri dengan pembagian doorprize. 

Dalam paparannya, Penyuluh Anti Korupsi KPK RI Soraya Sri Anggarawati mengatakan bahwa KPK memiliki 3 strategi pemberantasan korupsi yaitu pendidikan dan peran serta masyarakat, pencegahan korupsi dan penindakan korupsi. 

"Pentingnya pendidikan korupsi harus ditanamkan sejak dini yang dimulai dari pelajar sebagai generasi penerus bangsa," ucap Soraya.

"Pentingnya menanamkan jiwa anti korupsi harus dimulai sejak dimasa sekolah, seperti halnya menanamkan nilai kejujuran serta prinsip integritas, apalagi para pelajar nantinya merupakan garda terdepan kemajuan bangsa. KPK dalam visi roadshownya kali ini mempunyai sembilan kegiatan dalam memberantas korupsi yaitu berani, bertanggung jawab, kerja keras, jujur, disiplin, sederhana, peduli, mandiri dan adil. Maka dari itu para anak muda menjadi sasaran utama dalam sosialisasi kali ini, sehingga sejak dini ditanamkan kesadaran anti korupsi agar di masa depan tidak terjadi lagi praktek korupsi di Indonesia," tambah Soraya.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi terhadap pelajar ini, menunjukkan kerjasama yang baik antara KPK dengan pemerintah dalam memberantas korupsi yang dimulai dari bidang pendidikan dengan sasaran pelajar hingga mahasiswa agar tercipta Indonesia bebas korupsi di masa depan. 

Roadshow Bus KPK di Kota Padang akan berlangsung selama lebih kurang 8 hari yang akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar pada10 Oktober 2023 bertempat di Auditorium Gubernur Sumbar.

Roadshow sendiri akan diisi dengan berbagai acara menarik, seperti Lomba Cerdas Cermat Anti Korupsi dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), Bimtek dan Sosialisasi, Kuliah Umum ke beberapa perguruan tinggi, Fokus Grup Discussion (FGD), Nonton Bareng (Nobar), anjangsana ke beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Padang serta acara lainnya. (kmf)

 
Top