Faktual dan Berintegritas

Efa Yonnedi 

PADANG -- Efa Yonnedi, terpilih sebagai Rektor Universitas Andalas (Unand) periode 2023-2028 setelah berhasil menang telak di sesi terakhir pemilihan rektor (Pilrek) yang ditentukan Majelis Wali Amanat (MWA) kampus tersebut, Selasa (31/10).

Diketahui, dalam pilrek di sesi terakhir yang digelar di Convention Hall Unand, Efa berhasil unggul dengan perolehan 20 suara. Sedangkan calon rektor lain, yakni Prof. Fatma Sri Wahyuni mendapat 3 suara dan Prof. Ikhwana Elfitri mendapat 2 suara.

Ketua MWA Unand, Sakti Wahyu Trenggono yang hadir langsung pada pilrek itu selain mengucapkan selamat kepada Efa yang terpilih sebagai Rektor Unand yang baru, dia juga menyampaikan pesan untuk sebuah tugas yang harus diselesaikan dan dilalui oleh rektor terpilih.

“Tadi saya sampaikan arahan dan beberapa pesan, cita-cita Unand ini kan menjadi World Class University. Ada beberapa hal yang harus dilalui atau dikejar, yakni core competence, baik di sektor utama, pangan dan kesehatan, karena dua hal ini yang sedang dituju,” kata Sakti usai pemilihan.

Sakti yang merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan ini juga mengatakan, saat ini tantangan Indonesia dan negara lain di belahan dunia sangat besar dalam krisis pangan, Unand pun kedepannya harus menyikapi dengan sumber daya yang baik.

“Tantangan kita sangat besar dalam krisis pangan, juga sektor kesehatan, dan masih banyak produk kita impor. Ini harus disikapi Unand kedepannya dengan source yang luar biasa," katanya.

Sakti juga berpesan kepada Rektor Unand terpilih untuk membangun dan membuka layanan masyarakat.

Lebih lanjut Sakti, Pilrek Unand tahun ini sudah sangat demokratis. Apalagi semua civitas juga dilibatkan dalam pilrek ini, dari dosen, mahasiswa dan alumni hingga sampai ke 12 besar nama bakal calon rektor. (wy)

 
Top