Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengadakan Roadshow Bus KPK 2023 yang ke-3 di Sumatera. Kegiatan mengusung tema "Jelajah Negeri Anti Korupsi". 

Acara ini akan mengunjungi 6 provinsi, di antaranya adalah Sumatera Barat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait anti-korupsi. 

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyambut baik rencana KPK dan menyatakan dukungan penuh dalam penyelenggaraannya. Ketua panitia pelaksana sekaligus Inspektur Provinsi Sumbar, Delliyarti S.M mengatakan, hari ini Bus KPK memasuki Kota Payakumbuh yang bertolak dari Pekanbaru, Riau.

Dijelaskan bahwa Roadshow Bus KPK ini diadakan di beberapa Kab/Kota diantaranya Payakumbuh yang telah dimulai hari ini, lalu Bukittinggi, Padang, Pariaman, serta Solok. 

“Ini akan menjadi lembaga pendidikan dan pemberantasan korupsi mobile terbesar yang pernah dilakukan KPK. Di dalam bus itu, juga akan diselenggarakan berbagai acara, mulai dari seminar, pelatihan, diskusi, dan lain-lain terkait anti-korupsi,” jelas Delliyarti pada jumpa pers yang digelar Diskominfotik Sumbar di Padang, Kamis (5/10).

Tak hanya itu, selaku lembaga penegak hukum yang bertugas dalam memberantas korupsi, KPK berharap kegiatan Roadshow Bus KPK 2023 dapat melahirkan generasi muda yang cerdas, bermartabat, dan memiliki kepedulian tinggi terhadap masalah korupsi yang melanda di Indonesia.

“Harapannya, acara ini mampu memecahkan rumus dan menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi permasalahan korupsi di Indonesia,” ucap Delliyarti.

Kepala Diskominfotik Sumbar, Siti Aisyah mengatakan pihaknya siap mendukung kegiatan Roadshow Bus KPK 2023, khususnya dalam hal publikasi agar kegiatan ini diketahui dan diikuti oleh masyarakat luas.

"Kami mendukung penuh kegiatan Roadshow Bus KPK 2023 serta menyatakan kesiapan untuk membantu berjalannya acara tersebut, kami juga sudah menyebarkan informasi terkait Roadshow Bus KPK 2023 ini, baik media internal Pemprov Sumbar maupun melalui kolaborasi dengan media online dan media cetak,” ujarnya.

Roadshow Bus KPK ini akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang. Roadshow Bus KPK 2023 di Sumatera Barat sendiri akan melahirkan masyarakat yang lebih sadar secara moral dan etika dalam mengambil keputusan. 

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan edukasi anti-korupsi, KPK akan membawa bus yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang belajar, perpustakaan, ruang pertemuan, dan lain sebagainya. 

Dalam bus ini nantinya akan melibatkan banyak elemen masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja dan berbagai kalangan lainnya. (kmf)

 
Top