Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Rombongan Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tahun 2023 dengan mengusung tema "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” tiba di Kantor Walikota Payakumbuh, sekitar pukul 13.30 WIB, Kamis (5/10). Rombongan yang berjumlah sepuluh orang,  bertolak dari Kota Pekanbaru Provinsi Riau setelah melakukan Roadshow di tiga provinsi sebelumnya yakni, Jambi, Bengkulu dan Riau.

Rombongan disambut antusias oleh warga Kota Payakumbuh dengan menghadirkan puluhan Guru dan ratusan Anak Sekolah Dasar (SD) disepanjang jalan utama kantor walikota Payakumbuh. Acara sambutan juga diisi dengan temu singkat dan pemberian merchandise kepada para siswa/siswi SD Kota Payakumbuh.

Dalam bincang di ruang rapat sekretaris daerah Kota Payakumbuh, yang dihadiri oleh seluruh panitia, Rida Ananda sekretaris daerah kota Payakumbuh selaku pimpinan rapat mengatakan bahwa persiapan acara Roadshow Bus KPK yang akan digelar besok perdana di Kantor Walikota Payakumbuh, sudah rampung sekitar 98%.

"Untuk acara kita besok, semua sudah kita siapkan, mulai rundown, pembawa acara, kelengkapan acara, dan untuk pengerahan masa sudah kita kondisikan dengan waktu yang kita tentukan," jelas Rida.

Roadshow Bus KPK besok akan diisi dengan sosialisasi, dan acara menarik lainnya. Sosialisasi akan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dengan menghadirkan peserta dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Payakumbuh, Kelurahan dan Puskesmas dan siswa/siswi mulai dari tingkat SD sampai SMA, serta sesi kedua dengan peserta mahasiswa dari 7 perguruan tinggi di Kota Payakumbuh.

Selaku ketua rombongan Roadshow Bus KPK, Medio Venda Menjelaskan bahwa tujuan dari Roadshow Bus KPK di Sumatera Barat adalah untuk meningkatkan kesadaran publik dalam pencegahan korupsi.

"Jadi tujuan kami hadir di kota Payakumbuh untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa tugas KPK bukan hanya sekedar melaksanakan operasi tangkap tangan (OTT) akan tetapi lebih dari itu dan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan korupsi," papar Medio. 

Selain itu Roadshow Bus KPK hadir sebagai bagian dari sosialisasi dan kampanye anti korupsi kepada masyarakat secara langsung dan sekaligus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik dalam pencegahan serta melibatkan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi, dengan target sasaran masyarakat umum, yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, guru dan dosen serta siswa/siswi yang ada di Sumatera Barat. (kmf)

 
Top