Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Ny. Harneli Mahyeldi atau biasa disapa Ummi Harneli menghadiri Pameran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (4/10). 

Pameran terbesar yang menampilkan produk kerajinan unggulan se Indonesia ini, menurut Jokowi dapat meningkatkan promosi dan minat masyarakat pada berbagai hasil kerajinan. 

“Saat ini, Inacraft menjadi salah satu pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara. Dan dari tahun ke tahun pameran Inacraft ini semakin baik dan semakin menarik karena brand-nya sudah kita kenal semuanya sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara,”ujar Presiden Jokowi. 

Jokowi mengapresiasi antusiasme peserta untuk mengikuti pameran Inacraft 2023 sangat tinggi. Terbukti dari 18.700 meter persegi area pameran, semua terisi penuh dan terbagi untuk 772 stand. 

Presiden juga mengapresiasi pameran Inacraft yang memberikan ruang khusus bagi anak-anak muda dan perajin muda. 

Sementara dari arena Inacraft 2023 itu, Ummi Harneli Mahyeldi menyampaikan produk-produk kerajinan dari Sumatera Barat ternyata diminati dunia. 

"Allhamdulillah baik secara nasional maupun internasional produk Sumatera Barat, banyak diminati seperti songket, bordiran kerancang, batik tanah liek, anyaman, sulaman, dan lain sebagainya,”ujar Ummi Harneli. 

Hampir Semua Dekranasda se Sumbar hadir meramaikan Inacraft 2023 dan memajang produk khas kabupaten dan kota se Sumbar. 

“Kita hadir di sini mulai Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, juga berpartisipasi Dekranasda Agam, Dekranasda Kabupaten Pesisir Selatan, Dekranasda Kota Payakumbuh, Dekranasda Kabupaten Limapuluh Kota, Dekranasda Kota Bukittinggi dan Dekranasda Kota Solok,” jelas Ummi. 

Lebih lanjut Ummi menyebut bahwa iven Inacraft 2023 sangat membantu para pengrajin mempromosikan produk-produk unggulan yang ada di daerah. 

Menurut Ummi, jual beli tidak hanya terjadi di arena pameran, tapi juga banyak orderan seperti untuk pesta dan pesanan-pesanan lainnya. Acara ini sangat menguntungkan para pengrajin. 

Dekranasda Sumatera Barat ikut Inacraft 2023 tak lepas dari fasilitasi dinas terkait di Pemprov Sumbar. 

“Tujuannya untuk promosi produk pengrajin, produknya, saya mengharapkan Inacraft 2023 ini bisa memasarkan produk sampai mancanegara dan mengharapkan para pengrajin semakin memproduksi, berinovasi, berkreasi, dan beregenerasi secara terus-menerus,”ujar Harneli Mahyeldi. (kmf)

 
Top