Faktual dan Berintegritas


PADANG -- Ratusan Siswa dari seluruh SMA se-Kota Padang antusias mengikuti nonton bareng dan diskusi film yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di SMKN 2 Padang, Selasa (10/10).

Nonton bareng dan diskusi film ini merupakan rangkaian dari Roadshow Bus KPK yang berkunjung ke beberapa kota di Sumatera Barat untuk memberikan penyuluhan dan edukasi nilai-nilai anti korupsi kepada masyarakat.

Di SMKN 2 Padang edukasi dikemas menarik melalui nonton bareng dan diskusi film-film yang memenangkan Anti Corruption Film Festival (ACFFEST), diantaranya Titip Sendal, Lansia Lan Sopo, dan Unfaedah. 

Ketiga film ini secara apik menyentuh tentang budaya korupsi hingga politik uang, yang berangkat dari hal-hal kecil dalam keseharian masyarakat.

Penyuluh Anti Korupsi KPK Soraya Sri Anggarawati mengatakan, menghindari politik uang menjadi salah satu topik utama dalam rangkaian edukasi perilaku anti korupsi yang mengangkat tema Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi tersebut. Mengingat tahun 2024 mendatang adalah tahun penyelenggaraan Pemilu yang kerap rawan dengan politik uang.

"Apalagi tahun depan adalah tahun politik dan penyelenggaraan pemilu. Perlu kita ingatkan masyarakat untuk berhati-hati, salah satunya melalui kegiatan ini," katanya.

Kegiatan nonton bareng dan diskusi film anti korupsi ini juga mendapat apresiasi dari Pj Kepala Sekolah SMKN 2 Padang, Hidayati. Menurutnya penanaman karakter perilaku anti korupsi dan kejujuran memang perlu dilakukan mulai dari hal-hal kecil dalam keseharian siswa, seperti tidak mencotek dan jujur ketika mengisi daftar hadir.

"Hal ini sebetulnya juga diajarkan secara tidak langsung melalui tata tertib sekolah. Dengan kegiatan ini tentunya perilaku anti korupsi akan semakin tertanam lagi pada siswa," ujar Hidayati . (*)

 
Top