Faktual dan Berintegritas



PADANG, Swapena -- Sebanyak 1.500 pelajar dari 7 sekolah lanjutan pertama dan atas di Kabupaten Padang Pariaman, menjalani vaksinasi Covid19 tahap ke-2 yang dinisiasi oleh Badan Intelejen Negara (BIN) Kamis (19/8). 

Vaksinasi pelajar yang terpusat di SMAN 1 Batang Anai ini dilaksanakan serentak ditujuh provinsi lainnya di Tanah Air yang dihadiri secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan diikuti secara virtual. 

Kepala Badan Intelejen Daerah (Kabinda) Sumbar, Suwondo R. Baskoro dalam laporannya kepada Presiden menyampaikan target vaksinasi pelajar ditambah vaksinasi dari rumah kerumah mencapai 5.000 peserta.

"Jadi ini vaksinasi tahap kedua. Sebelumnya sudah kita lakukan vaksinasi pelajar yang pertama itu 1.600, lalu ditambah 1.700. Sekarang 1.500 dan nanti ditambah dengan vaksin dari rumah kerumah, mudah-mudahan target kita 5.000 bisa tercapai," ujar Suwondo.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi juga melaporkan kondisi terkini pandemi Covid19 di Sumbar. "Alhamdulillah persentase tingkat kesembuhan di Sumbar sampai hari ini terus meningkat, jauh lebih besar daripada kasus aktif. Persentase vaksinasi juga bertambah seiring datangnya tambahan vaksin. Terimakasih atas bantuan Bapak Presiden untuk Sumbar," ucap Mahyeldi.

Dalam komunikasi secara virtual dengan Presiden itu, seorang guru asal Pekanbaru, Riau, berbicara dengan gemetar menahan tangis mengungkapkan kerinduannya pada murid-muridnya dan berharap belajar tatap muka kembali diizinkan.

Menjawab harapan tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dirinya pun berkeinginan belajar tatap muka kembali dilakukan. Menurut Presiden, vaksinasi pelajar dan displin prokes adalah syarat utama jika ingin belajar tatap muka kembali dilakukan.

"Saya juga berharap anak-anak semua segera belajar tatap muka, tapi kita harus hati-hati, jangan sampai nanti tatap muka dimulai ada yang terpapar. Ini harus dihindari. Makanya pakai masker ini harus, meskipun sudah vaksin.

Makanya vaksin pelajar ini penting. Sekarang tetap belajar daring, tapi kalau nanti sudah tatap muka, masker tetap dipakai," jelas Jokowi.

1500 pelajar yang mengikuti vaksin Covid19 di SMA 1 Batang Anai terdiri dari SMA 1 Batang Anai (200), SMA 2 Batang Anai (300), SMA 1 Enam Lingkuang (200), SMA 1 Lubuk Alung (300), SMPN 1 Batang Anai (200), SMAN 1 Sicincin (200), SMAN 2 Lubuk Alung 100 orang. (kmf)

 
Top