Faktual dan Berintegritas

 


LUBUK BASUNG, Swapena -- Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI, YM. Dr. Anwar Usman, SH., MH, dianugerahi gelar sangsako Datuak Rajo Alam Batuah dari Suku Caniago Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam.

Prosesi pengangkatan gelar sangsako itu diadakan di Kantor Wali Nagari Pasia Laweh, dengan pemasangan saluak dan keris yang dilakukan Ketua KAN Pasia Laweh, Sabtu (28/8).

Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin mengatakan, gelar sangsako ini diberikan kepada orang yang telah berjasa kepada nagari.

Maka, ia yang juga dari kaum Suku Caniago menilai Ketua MK RI telah berjasa ke nagari, yang menjadikan Pasia Laweh sebagai nagari konstitusi. “Bahkan Pasia Laweh adalah nagari atau desa konstitusi pertama di pulau Sumatera dan keempat secara nasional,” katanya.

Gelar sangsako Datuak Rajo Alam Batuah diberikan kepada YM. Dr. Anwar Usman, sudah melalui hasil keputusan antara anak kemenakan, sumando manyumando, ninik mamak Caniago dan KAN. “Ini gelar sangsako dari kami Dt Parpatiah yang saya pangku sekarang. Rajo tampek panutan bagi masyarakat, alam dimana bumi dipijak dan batuah tersiarkan,” katanya (msd)

 
Top