Faktual dan Berintegritas


PADANG, Swapena -- PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar melalui program PLN Peduli melakukan Peresmian Penyalaan Listrik Gratis untuk 176 rumah warga kurang mampu di Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Senin (30/08) melalui media virtual video conference. Kegiatan Peresmian ini dihadiri oleh General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo beserta seluruh jajaran manajemen, Bupati Kep. Mentawai Judas Sabaggalet, Ketua DPRD Kep. Mentawai Yosep Sarogok, Kapolsek Siberut Selatan, Camat Siberut Selatan, Kepala Desa Muara Siberut Andria Budi Agung, Kepala Desa Maileppet Alex, Kepala Desa Muntei Paulus, serta perwakilan masyarakat yang menerima bantuan listrik di Kec. Siberut Selatan.

Bantuan sambungan listrik gratis dengan total nilai bantuan senilai Rp. 225 Juta tersebut merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN yang hadir dalam bentuk bantuan pemasangan instalasi listrik, SLO, biaya  penyambungan pasang baru listrik daya 450 VA, dan pembelian token perdana. 

General Manager PLN UIW Sumbar, Toni Wahyu Wibowo mengungkapkan bantuan ini merupakan wujud kepedulian PLN terhadap kehidupan warga kurang mampu khususnya yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal), kehadiran listrik dapat menerangi aktivitas sehari-hari masyarakat, meningkatkan kualitas belajar anak, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Siberut Selatan.

"PLN menyadari bahwa listrik saat ini menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Oleh karena ini kami terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui bantuan TJSL listrik gratis bagi 176 rumah tangga kurang mampu di Siberut Selatan. Mudah-mudahan kehadiran listrik tidak hanya menjadi penerang, namun mampu menghidupkan perekonomian dan menopang aktivitas warga setempat,”ungkap Toni.

Sampai dengan Juli 2021, total aset distribusi PLN di Kepulauan Mentawai berupa Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 258,017 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 236,95 kms, dengan 142 unit gardu distribusi tersebar. Pembangkit di Kepulauan Mentawai sendiri memiliki kapasitas 8,75 MW dengan beban puncak tertinggi 3,91 MW. Artinya masih ada cadangan daya sekitar 4,84 MW atau 55,34% di Kepulauan Mentawai. PLN optimis pasokan listrik cukup untuk untuk dinikmati oleh seluruh masyarakat di Kep. Mentawai.

Sementara itu, Bupati Kep. Mentawai Judas Sabaggalet, mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan listrik gratis PLN kepada masyarakat di Kec. Siberut Selatan Kab. Kepulauan Mentawai.

"Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PLN telah hadir hingga ke daerah 3T seperti Kepulauan Mentawai. Kehadiran listrik berperan penting bagi masyarakat disini untuk memudahkan kegiatan mereka sehari-hari sekaligus juga dapat menghidupkan perekonomian setempat. Kami berharap lankah PLN terus berlanjut untuk melistriki desa-desa di kepulauan Mentawai yang belum dapat menikmati listrik,” ujar Judas.

Hal senada juga disampaikan oleh DPRD Kep. Mentawai Yosep Sarogdok yang mengungkapkan apresiasi atas kepedulian PLN terhadap warga Siberut Selatan. 

“Rasa terima kasih kami haturkan kepada PLN yang telah banyak membantu Kep. Mentawai tidak hanya listrik gratis namun juga pemasangan jaringan listrik untuk masyarakat kami. Peresmian hari ini merupakan wujud dukungan PLN terhadap program Mentawai Terang yang telah dicanangkan oleh Bupati. Kami sangat mendukung agar seluruh masyarakat dapat menikmati listrik sepenuhnya,” tutur Yosep

Leonardus, warga Dusun Maileppet Kec. Siberut Selatan menyampaikan rasa haru dan ungkapan syukur atas bantuan listrik gratis yang telah diterimanya. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan listrik gratis, karena memiliki listrik di rumah sendiri bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan. Kami bersyukur dengan adanya listrik, aktivitas di rumah jadi semakin mudah. Bantuan sambungan listrik gratis ini sangat membantu meringankan beban hidup kami," ungkap Leonardus. (rls)

 
Top