Faktual dan Berintegritas



PADANG, Swapena -- Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, Kamis (19/8)  mencanangkan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di RSUP M. Djamil Padang. Pemprov memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah pusat dalam penanganan Covid-19 bagi ibu hamil.

Dikatakan Audy, vaksinasi untuk ibu hamil ini sangatlah penting, karena merujuk pada tingginya angka kematian ibu hamil di Sumbar yang terpapar Covid-19 yakni sekitar 50 persen.

"Vaksinasi ini adalah bentuk ikhtiar dan usaha kita bersama dalam rangka menghambat penyebaran dan pemulihan dari Covid-19," ujar Audy.

"Target kita setelah ini adalah RSUD dan Puskesmas yang ada di kabupaten/kota, untuk menyasar ibu hamil yang ada di nagari-nagari untuk dilaksanakan vaksinasi terhadap mereka," tambah wagub yang akrab disapa Uda Joinaldy.

Sementara untuk ketersediaan vaksin jenis Sinovac, untuk saat ini Provinsi Sumbar masih kekurangan. Akan tetapi Pemprov. Sumbar sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk menambah jumlah vaksin, yang targetnya sekarang adalah ibu hamil dan vaksin kedua bagi masyarakat umum.

Pada kesempatan yang sama, Umi Harneli Mahyeldi menghimbau kepada ibu-ibu hamil untuk segera divaksin, agar bayi yang dikandung lahir dengan sehat dan bisa menekan angka kematian pada ibu hamil karena terpapar Covid-19.

"Kami himbau pada ibu hamil agar segera divaksin, jangan ragu, jangan terpengaruh pada berita hoaxs, karena vaksinisasi tidak mempunyai efek negatif dan sudah terbukti aman, justru kalau ibu hamil terpapar Covid-19, takutnya anak yang akan dilahirkan akan timbul masalah," jelas Umi Harneli.

Ditambahkan Umi Harneli, sosialisasi vaksinasi terhadap ibu hamil akan dilaksanakan juga di kabupaten dan kota melalui ibu-ibu PKK yang targetnya seluruh ibu hamil sudah divaksin agar ibu sehat dan bayi yang dikandung lahir dengan selamat. (kmf)
 
Top