Faktual dan Berintegritas


JAKARTA, Swapena -- PT PELNI siap mendukung kebijakan Pemerintah (Kemenhub) dengan menyediakan kapal penumpang untuk isolasi mandiri (isoman) yang diamanahkan dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19. Demikian ditegaskan Direktur Utama PT PELNI, Insan Purwarisya L. Tobing di Jakarta, Senin (9/8). 

Sebagaimana dikemukakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT Pelni tengah mempersiapkan isolasi mandiri (isoman) bagi terdampak Covid-19 terpusat apung di atas kapal Pelni di beberapa kota di Bitung, Padang, Medan, Palembang, Lampung dan Balikpapan, sebagaimana yang telah dilakukan di Makasar. 

"Kami berharap isolasi terapung di kapal ini dapat membantu mengatasi permasalahan keterbatasan ruang di rumah sakit," ungkap Menhub saat Kemenhub dan TNI-AD Gelar "Serbuan Vaksinasi" di Kabupaten Bogor, Sabtu dan Minggu (7-8/8). 

Menhub mengatakan, dalam upaya mempercepat program vaksinasi nasional, Kemenhub bekerjasama dengan Kementerian BUMN, PT PELNI dan sejumlah Pemerintah Daerah, juga tengah menyiapkan sejumlah kapal untuk digunakan sebagai tempat isolasi terapung.

Dirut  PT Pelni, Insan Purwarisya L. Tobing menyebutkan, Pelni menjalankan kapal-kapalnya sebagaimana amanah yg diberikan Pemerintah cq Kemenhub-Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kepada Pelni.  "Hingga saat ini kapal PELNI beroperasi sesuai dengan rute-rute yang telah ditetapkan dan disepakati bersama dgn Kemenhub," ujarnya. 

Insan mengungkapkan, PT PELNI siap membantu Pemerintah dalam menekan kurva penyebaran Covid-19 di Indonesia. Kenaikan kasus yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir telah menyebabkan terbatasnya ruang isolasi bagi pasien Covid-19 di Rumah Sakit maupun lokasi lainnya. 

Menurutnya, dengan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, salah satunya telah mempersiapkan KM Umsini sebagai lokasi isolasi apung sesuai standar kesehatan yang berlaku, guna mendukung Pemerintah Kota Makassar dalam upayanya mengendalikan penyebaran Covid-19 secara optimal. 

Untuk itu, tambah Insan, Pelni siap mendukung kebijakan Pemerintah (Kemenhub) yang diamanahkan dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menyediakan kapal penumpang untuk isolasi mandiri di Padang. (ysm)

 
Top