Faktual dan Berintegritas


PADANG, Swapena -- Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto (KPIK), Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, menggelar  rapid test antigen gratis bagi warganya. Kegiatan ini dilaksanakan, Senin (16/8).

Digelarnya tes rapid antigen ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi di kelurahan tersebut, sebanyak 4 RT berada di zona orange penyebaran Covid-19. Sedangkan 18 RT lainnya berada di zona kuning.

“Kita bekerjasama dengan Puskesmas KPIK melakukan tes rapid antigen, semua ini dilaksanakan untuk memastikan kondisi warga kita,” terang Lurah KPIK, Barma Heri, kepada Diskominfo Padang, Senin (16/8).

Barma Heri menuturkan, dalam sebulan ini, sudah 164 orang warga di kelurahannya yang terpapar Covid-19. Sementara 2 orang warganya meninggal dunia akibat Covid-19.

“Pelaksanaan tes rapid antigen ini kita lakukan sekaligus untuk menurunkan level Kota Padang pada PPKM, apalagi sesuai insruksi Mendagri, sembilan ribu lebih warga Padang harus segera di tes swab,” paparnya.

Tes Rapid Antigen secara gratis ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna milik Kelurahan KPIK. Warga nampak antusias mendatangi lokasi, serta melaksanakan tes swab. Sebanyak sepuluh tenaga kesehatan dari Puksesmas KPIK terlihat bekerja, melayani warga kelurahan yang ingin melakukan tes swab.  

Barma Heri menyebut, empat RT yang berada di zona orange yakni di RT 01, RT 02, serta RT 04 pada RW 05. Serta RT 01 pada RW 07. Pelaksanaan Tes Rapid Antigen ini sebagai upaya tracing, tracking, dan testing bagi warga yang pernah berkontak dengan warga yang terpapar.

Sementara itu, Kepala Puskesmas KPIK Riny Zulfianti menyebut, pelaksanaan Tes Rapid Antigen merupakan upaya untuk menambah angka testing yang dilakukan bagi warga yang di zona orange dan kuning. Dalam pelaksanaan Tes Rapid Antigen ini, pihak Puskesmas juga dibantu oleh IDI, dan lainnya.

“Pihak kelurahan bahkan sudah melakukan sosialisasi kepada warga sejak jauh-jauh hari, hingga siang ini sudah banyak warga yang datang melakukan tes swab,” tuturnya.

Kelurahan KPIK berada di Koto Tangah dengan jumlah warga sebanyak 11.137 jiwa. Di kelurahan ini terdapat 39 RT dan 9 RW. Sebanyak 5.126 kepala keluarga berdomisili di kelurahan tersebut. (ch)

 
Top