Faktual dan Berintegritas


BANGSA Indonesia tengah bersukacita memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-76. Ini adalah kali kedua peringatan ulang tahun kemerdekaan yang dilaksanakan dengan segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Meski demikian, tidak mengurangi kekhidmatan dalam memperingati hari yang sagat bersejarah tersebut.

Ya, pandemi Covid-19 memang telah memprorakporandakan segala segi kehidupan bangsa Indonesia. Mulai dari sektor ekonomi hingga sosial kemasyarakatan. Ini telah berlangsung sejak Maret 2020 lalu.

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat untuk membasmi virus Corona tersebut, namun hingga detik ini belum berhasil secara maksimal. Buktinya, sebagian besar wilayah di Nusantara ini masih zona merah atau masih memberlakukan PPKM Level 4, termasuk Kota Padang.

Langkah demi Langkah terus dilakukan untuk memenangkan perjuangan melawan musuh yang tidak kelihatan tersebut. Alhamdulillah dalam seminggu terakhir angka positif harian terus menurun. Sebaliknya, angka kesembuhan jauh lebih tinggi. Ini tentulah harapan besar bagi seluruh rakyat Indonesia untuk bisa memenangkan perjuangan melawan pandemi tersebut.

Kita yakin, penurunan angka positif dan kenaikan angka kesembuhan dalam seminggu ini adalah anugerah Allah. Sama halnya dengan kemerdekaan Indonesia yang diperjuangan para pahlawan bangsa terdahulu. Siapa yang menyangka para pejuang tersebut bisa memenangkan perjuangan hanya dengan modal senjata bambu runcing?

Begitu juga agaknya dengan melawan pandemi Covid-19 saat ini. Dipicu semangat Proklamasi dan dengn anugerah Allah, tanda-tanda kemenangan itu telah terlihat. Sekarang tinggal bagaimana komitmen bangsa ini secara bersama agar kemenangan itu benar-benar tercapai. Komitmen tersebut telah tertuang dalam protokol kesehatan melalui semboyan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kemudan ditambah lagi dengan menghindari kerumunan.

Dengan konsisten menjalankan komitmen tersebut, kita yakin kemenangan sesungguhnya melawan pandemi Covid-19 bisa diraih. Ayo, jangan turunkan masker, tetap jaga jarak dan hindari kerumunan serta terus mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Satu hal lagi, guna membentengi diri dari serangan virus Corona dimaksud, mari ikuti vaksinasi. Ayo! (Sawir Pribadi )

 

 
Top