Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena --  Dinas pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota berkalaborasi dengan Padangtv menggelar Iven Cerdas Quran Tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Limapuluh Kota. Acara yang digelar 13 s/d 23 Agustus 2021 ini dibuka Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengucapkan terima kasih dan menyambut baik program cerdas qur'an yang memperebutkan Tropi Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan Bupati Limapuluh Kota.

Safaruddin berharap dengan Iven Cerdas Qur'an ini, akan mewujutkan 50 kota yang madani dan beradap dan berbudaya. Akan muncul ahli ali Alquran di Limapuluh Kota untuk masa datang. "Ini merupakan upaya kreatif dari dinas pendidikan, karena bisa menggelar iven di masa Covid-19. Di saat setiap daerah kewalahan untuk berkreatifitas menggelar iven, Cerdas Quran salah satu jawabannya" terang Bupati.

Bupati sangat mengapresiasi langkah yang digagas Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota dan PadangTV yang mengelar program "Cerdas Quran" Tingkat SMP dan SD se-Kabupaten Limapuluh Kota.

Terlepas dari kondisi Pandemi Covid-19 saat ini yang melanda dunia lanjut Bupati, harus disikapi dengan berbagai kreativitas. Terutama dalam meciptakan genetasi yang berakhlakul karimah. "Kita sangat berterimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Padangtv yang melakukan inovasi dengan menghadirkan lomba Cerdas Quran. Acara yang digelar dengan Prokes Covid-19 dan juga diikuti secara virtual zoom ini, merupakan salah satu upaya memecah kebuntuan siswa dalam berkreativitas," terang Bupati

Sementara itu Kapolda Sumbar yang diwakili Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko Santoso S.I.K juga mengapresiasi program cerdas Quran tersebut. Iven ini sangat sejalan dengan pilosofi Minangkabau sebagai mana dalam palsafah "adat basandi syarak, syarak basandikan Kitabullah.

Lebih jauh Kapolres menjelaskan bahwa Alquran adalah pentunjuk bagi umat manusia. Setiap huruf yang dibacakan mengandung pahala dan menuntun setiap muslim kearah yang lebih baik. "Mereka yang membaca, mencintai dan mengamalkan Alquran adalah surga balasannya. Karena di dalam Alquran berisi semua petunjuk bagi umat manusia ciptaan Allah," terang Kapolres.

Kapolres berharap lahir para penghafal-penghafal Quran di Kabupaten Limapuluh Kota. Ia juga berharap lomba Cerdas Quran ini dibumikan dan digelar di seluruh daerah Sumbar.

Sementara itu, pada pembukaan Acara Cerdas Qur'an yang disiarkan langsung di stasiun Padangtv, Livestreaming dan youtube ini juga dikuti secara virtual zoom oleh ratusan kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Limapuluh Kota. Ikut juga bergabung Kepala dinas Pendidikan daerah tetangga Dumai, Duri dan Pekanbaru. (rel)


 
Top