Faktual dan Berintegritas


PADANG, Swapena -- Tubuhnya tergolek tak berdaya di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang. Bukan saja tak berdaya karena kedua kakinya diamputasi, juga tak berdaya dengan biaya pengobatan yang pasti tidak sedikit.

Itulah kondisi Saril (48), warga Nagari Punggasan Utara, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Ia harus terbaring di rumah sakit setelah tersetrum listrik saat mencari nafkah, panen sawit pada Sabtu (7/8) lalu.

Hari ini sudah seminggu petani itu dirawat di RSUP M Djamil, Padang. Ia dibezuk oleh anggota DPRD Pesisir Selatan, Novermal, SH, Sabtu (14/8).

"Sabtu siang, 14 Agustus 2021, saya membezuk Pak Saril (48 tahun), pasien luka bakar akibat tersetrum listrik PLN di Koto Panjang, Nagari Punggasan Utara, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan di RSUP DR. M Djamil Padang. Dua kaki Pak Saril sudah diamputasi, dan kini persiapan operasi rusuk sebelah kanan yang juga luka parah."  Begitu tulis Novermal di akun media sosial pribadinya.

Ia bercerita, Saril butuh biaya berobat biaya berobat, karena tak punya kartu BPJS Kesehatan. "Pak Saril dan keluarga berharap bantuan untuk biaya berobat, dan ke depannya, Pak Saril juga berharap bantuan dua kaki palsu untuk kelancaran aktifitasnya. Pak Saril juga berharap bantuan modal usaha baru untuk keberlangsungan hidup keluarganya," lanjut Novermal.

Khusus untuk biaya berobat, Novermal mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak PLN. Ia minta supaya biaya berobat Saril ditanggung oleh PLN melalui zakat dan CSR. "Untuk ini, saya juga mendapat support dari Bapak Andre Rosiade , Anggota DPR RI, dan juga sudah mengkomunikasikannya dengan pihak PLN. Pihak PLN sudah dua kali membezuk Pak Saril ke RSUP M Djamil," kata dia.

Untuk diketahui, Saril adalah seorang petani di Nagari Punggasan Timur. Ia tersetrum listrik saat panen sawit. Akibat peristiwa itu, ujung kedua kakinya hangus, beberapa jarinya putus, dan rusuk sebelah kanannya juga luka parah. Pria itu dilarikan ke RSUD M Zein, Painan dan kemudian  dirujuk ke RSUP M Djamil.

Atas nama wakil rakyat dan tokoh masyarakat setempat, Novermal mengetuk kedermawanan masyarakat untuk membantu Saril. "Silahkan kontak ke Hp/WA saya di 0853 7298 1970, dan ponakannya Muslim 0812 7542 2279," tutup Novermal. (sp)

 
Top