Faktual dan Berintegritas



PAYAKUMBUH -- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat tingkatkan mutu pendidikan dengan salurkan bantuan Internet Pintar, Pustaka Digital, dan peralatan keterampilan di MAN 1 Payakumbuh. Bantuan ini diberikan melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN senilai Rp250 juta.

Internet pintar merupakan produk layanan internet broadband berbasis jaringan serat optic dengan jaringan baik dan kapasitas memadai yang disediakan oleh PT Icon+. PT Icon+ juga membantu mengelolaan pustaka di MAN 1 Payakumbuh menjadi lebih baik dengan program tata kelola pustaka berbasis online atau pustaka digital. 

MAN 1 Payakumbuh merupakan Madrasah Aliyah berlandaskan madrasyah vokasi terakreditasi A yang merupakan salah satu Madrasah Aliyah terbaik di Kota Payakumbuh dan juga di Sumatera Barat. Madrasyah yang memiliki total 675 orang siswa dan 74 orang tenaga pendidik ini dikenal memiliki banyak siswa dan guru yang aktif dan berprestasi. Pasalnya, selain kurikulum, madrasyah vokasi ini juga mengedepankan kreativitas dan produktivitas siswa lewat berbagai pendidikan keterampilan.

Dikatakan Wilsriza, menjadi kebanggan bagi PLN dapat bersumbangsih pada kegiatan belajar mengajar dan kegiatan kreativitas di sekolah berprestasi ini. Untuk mendukung kreativitas dan produktivitas siswa, PLN serahkan pula bantuan peralatan keterampilan kepada madrasyah vokasi ini.

Bantuan peralatan keterampilan tersebut diantaranya alat-alat keterampilan teknik pengelasan seperti mesin bubut dan mesin potong besi, alat-alat keterampilan tata busana seperti mesin jahit dan mesin bordir komputer janome, alat-alat keterampilan agrobisnis tanaman pangan dan holtikultura (ATPH) seperti sprayer hama dan oven listrik, alat-alat keterampilan tata rias seperti hand hair dryer dan steamer rambut, serta alat-alat keterampilan robotik seperti 3D printer dan panel P10.

Peresmian Internet Pinter dan Pustaka Pintar serta bantuan alat-alat keterampilan MAN 1 Payakumbuh disaksikan langsung oleh Penjabat Walikota Payakumbuh Rida Ananda, Selasa (30/5) lalu. Hadir pula pada pemberian bantuan TJSL ini, Kankemenag Payakumbuh  H Joben,  Manager PLN UP3 Payaumbuh Wilsriza beserta jajaran, serta Kepala MAN 1 Payakumbuh Muhammad Suhardi.

Disampaikan Wilsriza, Program TJSL merupakan bentuk upaya tanggung jawab sosial PLN dalam mendukung pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia. ‘’Kali ini kami mendukung pertumbuhan di dunia pendidikan. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas siswa dan dalam pembangunan generasi muda kita, menjadi generasi muda yang unggul dan berpengetahuan luas,’’ ujarya.

Wilsriza menambahkan, dukungan TJSL dalam penyediaan sarana prasarana di MAN 1 Payakumbuh menjadi satu dari sekian program PLN Peduli yang mendukung program pertumbuhan berkelanjutan pemerintah atau Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs ke-4 sendiri bertujuan pada pendidikan yang berkualitas. ‘’Maka bantuan dari TJSL kami ini harapannya meningkatkan kualitas pendidikan siswa dan pengajar di MAN 1 Payakumbuh,’’ tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Payakumbuh Rida Ananda mengapresiasi PLN atas bantuan yang diberikan. Menurutnya, Internet dan Pustaka adalah unsur penting yang tentu akan sangat bermanfaat untuk aktivitas belajar mengajar. 

“Di era digital seperti ini, bantuan TJSL dari PLN  berupa internet pintar, pustaka digital, serta peralatan keterampilan tentu akan memudahkan siswa dalam mengakses ilmu pengetahuan dengan lebih cepat dan mudah. Pun dapat membantu siswa lebih produktif dan kreatif untuk menghasilkan produk keterampilan dengan sarana yang lebih lengkap dan mumpuni,” pungkasnya.

Rida lantas menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN. ‘’PLN dikenal berperan aktif dalam pembangunan masyarakat Sumbar. Kini bantuan PLN Peduli hadir untuk pembangunan pendidikan dan keterampilan MAN 1 Payakumbuh. Semoga dukungan ini dapat digunakan sebaik mungkin untuk kualitas dan pertumbuhan jangka panjang seluruh siswa,’’ lanjutnya. (*)

 
Top