Faktual dan Berintegritas


PD. PARIAMAN, Swapena -- Menyusul bantuan puluhan betor, Anggota DPRD Sumbar, HM Nurnas kembali menyalurkan aspirasi masyarakat. Kali ini ia menyerahkan bantuan hand tractors untuk 37 kelompok tani pada 11 nagari di dua kecamatan masing-masing 8 di Kecamatan Batang Anai dan 3 di Kecamatan  Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Penyerahan bantuan tersebut dipysaykan di Dusun Pilubang, Kenagarian Ketaping, Kecamatan Batang Anai, kabupaten Padang Pariaman, Selasa (25/5). Selain menyerahkan hand tractor, anggota Fraksi Demokrat ini juga menyerahkan 115 unit alat semprot rumput otomatis untuk kelompok tani dan wanita tani daerah tersebut.

Kalau saat ini yang sudah diberikan berupa mesin bajak dan penyemprot hama, di hari berikutnya akan diserahkan kembali alat perontok gabah, jagung dan pemotong rumput, saat ini masih dalam perjalanan

"Khusus untuk Nagari Ketaping berdasarkan aspirasi yang masuk kepada saya, Alhamdulillah semua sudah terpenuhi, tinggal kini menyikapi keluhan masyarakat masalah irigasi, yang gak pernah tuntas dari awal pembangunan sampai saat ini, khususnya di daerah daerah Kampung Baru Teluk Mundam," ujar Nurnas.

Ia juga mengingatkan pada Balai Sungai Provinsi dan kabupaten bahwa irigasi Anai 1 dan 2, sejak mulai dibangun sampai kini masih banyak yang rusak, dan adanya pengerukan sedimen, bahkan ada yang putus di antaranya Kuliek.

"Visi-misi gubernur Sumbar melalui RPJMD mengatakan akan meningkatkan hasil pertanian, pangan dan nelayan, maka salah satu-nya adalah perbaikan pengairan," tegasnya. 

Ia juga memberi aspirasi pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, karena sangat cepat merespon usulan masuk dalam realisasi anggaran. "Kecepatan dalam realisasi anggaran dari dinas tersebut perlu diapresiasi dan perlu dicontoh dinas lainnya, sehingga realisasi tidak menunggu lama," sebut Nurnas.

Berkaitan dengan penyerahan bantuan aspirasi masyarakat melalui HM. Nurnas,  mewakili Dinas Pertanian Provinsi Sumbar, Syaiful Efendi, mengaku bangga dan salut pada anggota DPRD Sumbar ini, karena memang betul-betul mengawal dan menjaga aspirasi atau keinginan masyarakat sampai tuntas.

"Saya salut melihat Pak Nurnas yang tidak mau kendor sedikit juga dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya petani di daerah ini, sehingga dari banyak anggota DPRD Sumbar, hanya Pak Nurnas yang hampir seluruh aspirasinya terealisasi dengan cepat," ulasnya.

Sementara itu, Walinagari Ketaping, Alwis Jaya, mewakil 11 walinagari mengatakan, sejak HM Nurnas menjadi anggota DPRD Sumbar, tidak pernah lalai untuk berjuang di daerah pemilihannya, khususnya di Mecamatan Batang Anai, Nagari Ketaping. "Pak Nurnas ini tokoh kami yang perlu dicontoh dan diharapkan bisa tetap bertahan di DPRD Sumbar. Karena dari awal sudah nampak perjuangannya untuk kami masyarakat," ujar Alwis Jaya.

Ia juga berpesan agar semua bantuan alsintan, mesin kapal dan lainnya agar tetap dirawat, sehingga bisa dipergunakan dalam jangka panjang.

Seremoni penyerahan bantuan tersebut dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan. (cox)

 
Top