Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena - Kecelakaan Kereta Api (KA) kembali terjadi. Kali ini KA Sibinuang menabrak satu unit mobil pribadi berwarna hitam, dekat Pasar Lubuk Buaya Kota Padang pada Minggu(2/5). Akibat kejadian sopir mobil pribadi mengalami luka-luka.

Kepala Humas PT KAI Divre II Sumbar Ujang Rusen Permana membenarkan telah terjadi tabrakan antara Kereta Api (KA) Sibinuang dengan satu unit mobil pribadi di perlintasan resmi tidak dijaga, Km 20 + 700 antara Stasiun Duku dan Stasiun Tabing. Akibatnya lagi, KA Sibinuang tertahan beberapa waktu di lokasi. Hal itu juga berdampak pada penundaan keberangkatan dua KA lainnya.

"Petugas PT KAI berupaya agar lokasi kembali bisa dilalui kereta api," kata Rusen.

KA Sibinuang merupakan kereta jurusan Naras Kota Pariaman-Kota Padang. Dua KA yang juga ikut tertahan sementara adalah  KA Sibinuang Relasi Padang - Naras tertahan di Stasiun Tabing dan KA Minangkabau Ekspres Relasi BIM - Pulau Aie tertahan di Stasiun Duku.

Rusen mengimbau agar masyarakat pengguna jalan raya selalu berhati-hati saat akan melewati perlintasan sebidang. Terlebih melintasi perlintasan tidak resmi yang tidak diawasi petugas dan tidak punya rambu-rambu keamanan.

"Kurangi kecepatan, berhenti sejenak, dan pastikan tidak ada kereta yang melintas. Dahulukan perjalanan kereta api sesuai dengan UU 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 dan UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 114," ucap Rusen. (rf)

 
Top