Faktual dan Berintegritas

 


PADANG, Swapena -- Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Dinas Sosial Jumaidi, melepas peluncuran bantuan beras PPKM tahun 2021, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) se-Provinsi Sumbar, di Gudang Bulog Kanwil Sumbar, Rawang, Kota Padang, Kamis (29/7).

Beras bantuan PPKM ini untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terdata sebagai KPM PKH dan BST. Masing-masing KPM akan mendapat bantuan sebanyak 10kg beras jenis premium.

Pimpinan Wilayah Bulog Kanwil Sumbar Tommy Despalingga, dalam laporannya menyebutkan total kuota beras untuk bantuan PPKM di Sumbar sebanyak 3.462.400 kg beras untuk 346.240 KPM, yang terdiri dari 170.396 PKH dan 175.844 BST.

Stok beras yang ada di seluruh gudang Bulog, menurut Tommy lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bantuan beras PPKM di Sumbar.

"Sisa stok beras yang ada diseluruh gudang Bulog Sumbar per 28 Juli 2021 sebanyak 9.257,5 Ton dan akan masuk lagi 1.200 Ton, sehingga total stok ada 10.457,5 Ton. Jadi insyaallaah stok aman sampai Oktober nanti. Selain bantuan beras PPKM, Bulog juga membantu beras untuk yang lain seperti bencana alam, kita siap berapapun dibutuhkan," kata Tommy.

Untuk realisasi penyaluran beras bantuan PPKM lanjut Tommy, hingga 28 Juli 2021, berdasarkan delivery order (DO) telah mencapai 756.750 kg atau 21,9 persen dari total bantuan.

Tommy juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Sumbar dan juga PT. Pos Indonesia sehingga penyaluran beras bantuan PPKM dapat berjalan lancar.

Sebelum meresmikan peluncuran beras bantuan PPKM, Kadis Sosial Provinsi Sumbar Jumaidi, bersama Kepala Kantor Pos Padang, Ketua Satgas Logistik Bansos dan Pimpinan Bulog Kanwil Sumbar meninjau stok beras di gudang Bulog, Rawang. 

Jumaidi menyampaikan terima kasih atas penyaluran beras bantuan PPKM dari Bulog melalui PT. Pos dan menghimbau kabupaten kota agar mempercepat proses penyaluran sehingga bisa segera dimanfaatkan masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat melalui Bulog dan PT. Pos atas penyaluran beras bantuan ini. Bantuan ini tentu sangat  besar artinya bagi masyarakat Sumbar yang merasakan dampak pandemi ini. Mudah-mudahan wujud perhatian pemerintah ini bisa segera sampai dan dinikmati masyarakat," ungkap Jumaidi.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Utama Padang, Agus Tria Dian menyebutkan, penyaluran Bansos sekaligus beras bantuan PPKM telah dimulai sejak 24 Juli lalu dan terus dilakukan hingga 31 Juli nanti. Demikian sumbarprov.go.id. (kmf)

 
Top