Faktual dan Berintegritas

 

Vaksinasi Covid-19 yang diadakan OJK Sumbar

PADANG, Swapena -- Dana Corporate Social Responsibility (CSR) perbankan diharapkan diarahkan menyediakan oksigen bagi pasien Covid-19. Dengan cara seperti itu tentu bisa membantu penyediaan oksigen.

Gubernur Mahyeldi minta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Sumatera Barat ikut berperan mengarahkan dana CSR perusahaan perbankan atau lembaga keuangan lain untuk membantu ketersediaan stok oksigen di daerah setempat. Ini guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

"Kita membutuhkan seluruh skema yang memungkinkan dalam menjaga ketersediaan stok oksigen ini, termasuk melalui dana CSR perusahaan. Kita berharap OJK bisa berperan untuk hal ini," katanya saat meninjau Vakninasi Massal Perbankan yang bertema " Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit" di BRI Corporate University Campus, Padang (15/7).

Dikatakannya, belajar dari kondisi di Jawa, kekurangan oksigen jadi salah satu kendala dalam perawatan pasien Covid-19. Makanya, stok dan ketersediaan oksigen di Sumbar harus benar-benar siap untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus.

"Sekarang bahan baku untuk oksigen dari Jawa sudah mulai dikurangi karena itu kita butuh solusi lain dalam menyediakan stok oksigen di Sumbar," katanya.

Terkait vaksinasi yang dilakukan oleh OJK bersama BRI, Gubernur Mahyeldi menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi karena vaksinasi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terpapar virus Covid-19

Katanya, Pemprov Sumbar terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi dengan berbagai cara, di antaranya bekerjasama dengan TNI dan Polri dan sekarang ada dukungan dari OJK dan pihak perbankan.

"Kita berharap dengan vaksinasi yang masif herd immunity bisa segera tercapai sehingga roda perekonomian pun bisa kembali pulih seperti sediakala," ujarnya.

Kemudian, hingga saat ini belum ada ilmu untuk membunuh virus Covid-19 karena itu ada kemungkinan ke depannya virus ini akan tetap ada. Tetapi jika health immunity tercapai manusia bisa hidup berdampingan dengan virus ini seperti halnya dengan virus influenza.

Menurutnya, selain meningkatkan imun dengan cara vaksinasi dan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh juga perlu ditingkatkan keimanan karena Indonesia adalah negara yang berketuhanan. 

Sementara itu, Kepala OJK Perwakilan Sumbar, Yusri, mengatakan vaksinasi yang dilakukan adalah tindak lanjut dari perintah Presiden agar industri jasa keuangan bisa menjadi sentral vaksinasi di Indonesia.

Kementerian Kesehatan sudah mengalokasikan vaksin bagi OJK dan Bank Indonesia dan industri jasa keuangan sebanyak 10 juta vaksin sampai Desember 2021. Untuk Kota Padang, selama tujuh hari ke depan diharapkan capaian vaksinasi bisa mencapai 10.400 orang.

Vaksinasi yang diberikan oleh OJK tersebut ditujukan bagi BRI BNI, Bank Mandiri, BCA, CIMB Niaga dan pegawainya, keluarganya, nasabah dan masyarakat umum.

Setelah Kota Padang vaksinasi yang diinisiasi OJK itu juga akan dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Sumbar dengan target  target 16 ribu-17 ribu vaksinasi. (yy)

 
Top