Faktual dan Berintegritas


PAINAN, Swapena -- Demi melihat secara langsung kondisi riil masyarakat Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, menyerahkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Sumber Dana Desa (DD) bagi 76 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kenagarian Rawang Gunung Malelo, Sutera, Kamis, (29/07), dari pintu ke pintu.

Penyerahan BLT DD tersebut bagian dari upaya percepatan penyaluran DD kepada masyarakat. "Sesuai dengan intruksi Presiden agar penyaluran BLT DD dipercepat atau dipermudah," ujarnya didampingi Kepala DPMDPPKB Pessel, Wendi.

Menurut Bupati Rusma Yul Anwar, ia meminta seluruh Walinagari untuk menyegerakan penyaluran BLT karena sangat ditunggu KPM.

"Karena yang menerima itu, para orangtua renta, penderita penyakit kronis, disabilitas dari keluarga miskin" sebutnya, yang juga didampingi Kasi Pemerintahan dan Kesra Kantor Camat Sutera, Iwal, S.Pt.

Dengan datang langsung rumah ke rumah, menurut bupati,  ia dapat merasakan suasana kehidupan para penerima BLT. "Kita saksikan sendiri betapa mereka butuh sentuhan, bantuan dan program," ulasnya.

Bupati dan rombongan langsung menyerahkan dari pintu ke pintu (door to door) sembari menyapa warga.

Sementara itu Walinagari Gunung Malelo, Afrizal menyebutkan bahwa pihaknya terus memacu percepatan penyaluran BLT apabila pencairan DD dari kabupaten sudah realisasi.

"Prinsipnya, kalau realisasi DD turun kami tak menunggu lama langsung diserahkan ke KPM," ujarnya.

Afrizal menjelaskan tahap 1 sudah disalurkan selama 4 bulan, dan salur berikutnya terhitung Mei s/d Juli 2021. "Jadi hari ini, Pak Bupati menyerahkan untuk 3 bulan sekaligus," sebutnya.

Kepala DPMDPPKB Wendi juga menyebutkan bahwa DD menjadi atensi khusus Pemerintah, sehingga realisasinya terus dipantau secara tepat waktu. "Bahkan laporannya realtime dan semua dana yang sudah salur harus segera dimanfaatkan," tambahnya.

Wendi juga sudah meminta pemerintah nagari agar segera merealisasikan anggaran yang dipergunakan untuk penangan Covid-19.

"Jadi silahkan para Walinagari untuk segera merealisasikan anggaran yang disediakan untuk penangan Covid-19, baik untuk pencegahan, penangan maupun pemulihan ekonomi," tutupnya.

Ditambahkan, total dana DD se-Kabupaten Pesisir Selatan, yang diserahkan untuk BLT  Rp 20,2 milyar yang akan diberikan kepada 5600 keluarga Penerima Manfaat (KPM). (rls)

 
Top