Faktual dan Berintegritas


PAINAN, Swapena -- Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah meninjau Ruman Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M Zein Painan, Jumat (16/7). Hal itu dilakukan untuk melihat kesiapan rumah sakit dimaksud menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Pada kesempatan itu Wabup mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan saat ini terus melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap penyebaran virus Corona atau Covid -19. Salah satu di antaranya menyiapkan Rusunawa  Painan Selatan sebagai lokasi alternatif perawatan pasien Covid -19 dan penambahan 25 tempat tidur pasien Covid -19.

Ia mengatakan, Pemkab Pesisir Selatan melalui Satgas Penanganan Covid -19, Dinas Kesehatan dan RSUD M. Zein telah melakukan langkah-langkah antisipatif jika beberapa minggu ke depan terjadi lonjakan angka positif pasien Covid-19. 

Di antara langkah yang diambil itu adalah menyiapkan ruangan sebagai lokasi pasien positif Covid -19 berkapasitas 14 orang. "Untuk Rusunawa dipakai secara bertahap mulai dari lantai 1, 2 dan 3, sesuai dengan kondisi di lapangan," tegas Rudi. 

Karena menyangkut anggaran, Rusunawa akan dipakai secara bertahap jika memang terjadi penyebaran varian baru Covid -19 di Kabupaten Pesisir Selatan.

Lebih jauh pihak rumah sakit juga akan menambah lagi tempat tidur sebanyak 18 - 25 tempat tidur lagi. Sedangkan untuk Rusunawa setiap lantainya akan bisa menampung 30 pasien positif Covid-19. Untuk stok tabung gas tidak khawatir karena pihak rumah sakit Dr.M.Zein Painan bisa memproduksi sendiri. 

Sedangkan jika stok vaksin jenis sinovac di RSUD M. Zein Painan memang telah habis, termasuk di Dinas Kesehatan juga telah menipis. Pemkab Pessel mengusulkan penambahan vaksin kepada pemerintah pusat. "Kita imbau semua pihak mematuhi protokol kesehatan, dan melaksanakan vaksin," kata wabup. (ps)

 

 
Top