Faktual dan Berintegritas

 

Jasman Rizal 

PADANG, Swapena -- Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal Dt Bandaro Bendang dinyatakan positif Covid-19. Kepastian itu setelah ia menerima hasil test PCR yang ia ikuti sebelumnya

"Assalamualaikum, kawan2 sekalian. Dengan ini kami sampaikan, bahwa hasil PCR saya tadi pagi te;ah keluar dan terkonfirmasi positif terinfeksi corona. Mohon doa, kiranya kami segera sembuh," begitu pesan Jasman pada sejumlah grup WhatsApp (WA), Kamis (15/7).

Sebelum hasil tes swab PCR keluar, Kepala Dinas Komunikasi dan Statistik Sumbar itu sempat menyampaikan test PCR yang dilaksanakannya merupakan tes PCR yang ke-62 yang telah dilakukannya. Itu ditulisnya juga di media sosial guna memotivasi masyarakat.

Jasman Rizal mengungkapkan, dirinya mengambil keputusan ikut tes PCR, karena kontak erat dengan seseorang yang telah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, pada hari Minggu (11/7) yang lalu.

Saat itu dirinya melakukan cek lapangan ketersediaan oksigen, tempat tidur dan lain-lain untuk pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang bersama rombongan OPD lain. Kemudian, pada hari Selasa (13/7) Jasman Rizal merasakan badannya telah mulai meriang dan kepalanya sakit. Kemudian, hari Rabu malam (14/7) dirinya mulai batuk-batuk dan flu ringan. “Saya berkeyakinan sangat bahwa saya telah terpapar Covid-19,” ujarnya.

Kamis pagi (15/7), Jasman mengaku badan sudah mulai terasa segar. Namun dirinya harus memastikan apakah positif atau negatif Covid-19. “Untuk memastikannya, saya langsung menuju Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) di bawah pemimpinan Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc," ungkapnya.

Meski positif Covid-19, menurut Jasman Rizal, artinya pengaruh vaksin sangat luar biasa. “Saya adalah termasuk orang pertama di Sumbar yang divaksin pada tanggal 14 Januari 2021. Saya berkesimpulan, dengan divaksin, Insya Allah jika terpapar hanya akan bergejala ringan dan seperti flu dan batuk biasa. Mari divaksin dan tetap jaga prorokol kesehatan dengan disiplin yang tinggi,” ajaknya. (ys)


 
Top