Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA -- Daya tampung Universitas Andalas (Unand) Padang untuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2023/2024 berjumlah 7.350 orang. Angka ini naik dari kuota daya tampung PMB Unand 2022 lalu yang berjumlah 7.035 mahasiswa.

Sama halnya dengan sistem penerimaan tahun-tahun sebelumnya, ada tiga jalur yang disediakan. Walau sistemnya sama, namun ada penggantian nama yang telah ditetapkan pemerintah.

Pertama, jalur PMB pertama, yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) kini berubah nama menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

"Pendaftaran untuk jalur SNBP ini dibuka mulai besok, 14 Februari 2022," ujar Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin saat jumpa pers terkait PMB 2023 Unand, Senin (13/2) di ruang rektorat kampus tersebut.

Mansyurdin mengatakan, seluruh siswa yang akan mendaftar SNBP wajib memiliki akun pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan (SNBP) 2023. Adapun pembuatan akun ini sudah dimulai sejak 16 Januari, dan ditutup pada 15 Februari besok.

Untuk jalur SNBP ini, Unand menyediakan kuota 20 persen dari total daya tampung atau sekitar 2.084 orang.

"SNBP ini penilaiannya didasarkan atas prestasi atau nilai rapor. Selain prestasi pelajar, juga prestasi sekolah," katanya.

Selain SNBP, ada jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), yang merupakan perubahan dari nama jalur PMB sebelumnya yaitu SBMPTN. Untuk jalur ini Unand menyediakan kuota 35 persen atau sekitar 2.910 orang.

"Sedangkan untuk jalur mandiri atau SIMA kuota sebanyak 45 persen atau sekitar 2.356 orang," kata Mansyurdin.

Lebih lanjut dikatakannya, PMB Unand tahun ini masih menampung untuk 15 fakultas dengan total 53 program studi (prodi).

"Dalam memilih prodi ini kami sarankan kepada siswa agar meneliti keketatan penerimaan tahun 2022, agar nanti bisa melihat bagaimana persaingan dan peluangnya," kata Mansyurdin.

Dari data keketatan PMB 2022 Unand, sejumlah prodi di Fakultas Kedokteran masih berada di posisi tertinggi dalam perbandingan penerimaan, kemudian juga prodi sistem informasi dan ilmu komunikasi.

Selain itu, Mansyurdin juga mengatakan untuk PMB tahun ini pihak kementerian juga menyediakan masa sanggah yang disediakan selama lima hari bagi siswa yang ingin menyampaikan komplain terkait kelolosannya.

Sementara itu, Nur Afrainin Syah, selaku Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Unand menambahkan, untuk segala informasi yang valid bisa didapatkan oleh calon pendaftar di website resmi yang telah disediakan.

Selain itu, Nur juga mengatakan untuk tahun ini Unand juga menyediakan jalur SIMA untuk kelas internasional. Bagi mahasiswa jalur ini nantinya akan menjalani dua semester di universitas mitra di luar negeri untuk mendapatkan pengalaman internasional.

Daya tampung terbanyak ada di prodi hukum sebanyak 550 kursi, kemudian peternakan sebanyak 400 kursi, dan kedokteran sebanyak 250 kursi. Selebihnya berkisar 80 sampai 200 kursi per prodi. (wy)

 
Top