Faktual dan Berintegritas



PADANG, SWAPENA -- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kesehatan memberi pelatihan tumbuh kembang anak terhadap kader kesehatan di Puskesmas Padang Pasir, Kamis, (16/2). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program peningkatan gizi dan anak sekaligus pencegahan stunting. 

Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Depitra Wiguna menyebutkan pihaknya memfasilitasi pelatihan ini guna meningkatkan peran kader kesehatan agar lebih berpartisipasi aktif.

"Kita beri pelatihan untuk meningkatkan peran kader kesehatan, kemudian membantu implementasi pengukuran bayi dan balita, kesehatan ibu terkait dengan melakukan pencegahan stunting," katanya.

Pelatihan ini dilakukan untuk menentukan status gizi balita dan baduta. Kemudian pelatihan juga difokuskan dengan tiga tema yaitu pengukuran balita, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan kesehatan ibu dan anak.

Kemudian Staf Gizi Dinas Kesehatan Padang, Trigusti menyebutkan pelatihan ini akan terus dilaksanakan secara maraton ke 24 puskesmas yang ada di Kota Padang.

"Pertemuan ini akan dilakukan 28 kali, kemungkinan ada 4 puskesmas yang masing-masing mendapat dua kali pelatihan. Ini penting, karena kita memang menyiapkan kader yang benar-benar mengerti dan paham tentang tumbuh kembang anak. Agar angka kelahiran stunting bisa kita tekan," tutupnya. (kmf/pd)

 
Top