PADANG - Sebanyak 23 wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat selama dua hari, Sabtu-Minggu (25-26/1) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Kegiatan itu diselenggaran di aula kantor gubernur Sumbar, Jalan Sudirman, Padang.

Setelah melalui perjuangan berat, semua peserta dinyatakan kompeten oleh para tim penguji. Bagi PWI Sumbar, peserta UKW yang kompeten seratus persen merupakan prestasi sendiri. Sebab, beberapa kali melaksanakan UKW sebelumnya, belum ada yang lolos seluruhnya.

Direktur UKW PWI, Prof. Dr. Rajab Ritonga mengatakan, setiap orang boleh menjadi wartawan. Namun sebaliknya tidak setiap orang bisa menjadi wartawan kompeten.

"Karena itu, beruntunglah para peserta UKW kali ini yang menjadi wartawan kompeten seluruhnya," kata Rajab yang disambut tepuk tangan seluruh peserta saat penutupan UKW, Minggu (26/1).

Menurut dia, saat ini sebanyak 15 ribu anggota PWI sudah kompeten. "Masih ada ribuan lagi yang belum kompeten," ujar Rajab.

Walau sudah dinyatakan kompeten, namun Rajab minta wartawan PWI untuk terus berkarya dan belajar. "Jangan cuma bangga dengan sertifikat kompeten yang dipunyai. Teruslah berkarya dan belajar. Jangan puas dengan sertifikat kompeten wartawan muda. Tingkatkan dua tahun lagi," pinta dia.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno yang didapuk menutup kegiatan UKW tersebut mengingatkan agar anggota PWI menjadi wartawan profesional. Gunakan profesi untuk ikut membangun daerah. "Kita tidak ingin anggota PWI yang sudah kompeten terlena dengan sertifikat, tapi tingkatkan profesionalitas dengan karya. Jangan menakut-nakuti orang dengan profesi," ujar Gubernur Irwan.

Selain itu, gubernur berjanji akan mendukung kegiatan UKW yang akan diselenggarakan PWI Sumbar. Bahkan, ia menantang PWI untuk bisa melaksanakan UKW sebanyak lima kali dalam tahun ini.

Ketua PWI Sumbar, H. Heranof Firdaus menyambut positif tawaran gubernur tersebut. Karena itu, dalam beberapa bulan ke depan akan ada lagi UKW. "Makanya bagi anggota dan calon anggota PWI yang belum punya kesempatan di UKW kali ini, masih banyak peluang untuk ikut," katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia UKW, Sawir Pribadi mengatakan bagi PWI Sumbar, peserta yang mendaftar untuk ikut UKW sesuai kuota sebanyak 24 orang, namun karena salah seorang berhalangan hadir sejak hari pertama, maka jumlah keseluruhan 23 orang. "Ini adalah UKW yang ke 14 dan pertama tahun 2020. Pada 2019, kita sudah melaksanakannya di dua daerah, yakni Pesisir Selatan dan Kota Solok," kata Wakil Ketua PWI Sumbar Bidang Pendidikan ini.

Hadir pada penutupan UKW itu, Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal. Dari PWI Sumbar juga hadir Ketua Dewan Kehormatan Provinsi, Dr. H. Basril Basyar dan pengurus lainnya.

Sedangkan tim penguji selain Rajab Ritonga, terdapat nama Djunaidi Tjuntia Agus, M Iqbal Irsyad dan Fitri Adona. (rz)
 
Top