Nova Indra. 

PADANG - Ternyata bakal calon kepala daerah yang maju dari jalur perorangan tidak hanya untuk gubernur Sumbar saja. Ada sejumlah kabupaten/kota juga punya balon perseorangan.

Komisioner KPU Sumbar Nova Indra mengatakan, sudah ada beberapa bakal calon kepala daerah yang akan mendaftar melalui jalur perseorangan. “Untuk (gubernur) Sumbar 1 orang, Pasaman Barat 2 orang, Solok Selatan 1 orang, Kabupaten Limapuluh Kota 2 orang, Sijunjung 1 orang, Bukittinggi 1 orang dan Solok Kota 1 orang,” katanya di Padang, Senin (27/1).

Dikatakan, bakal calon kepala daerah perseorangan yang sudah didata tersebut baru sebatas mengambil formulir yang sebelumnya telah menyerahkan SK LO. Itu artinya bakal calon tersebut telah mendapatkan user name dan password Silon.

“Para bakal calon itu belum pasti lolos, karena para bakal calon itu belum tentu seluruhnya menyerah syarat dukungan pada 16 Februari mendatang. Lolos atau tidaknya KPU berpedoman pada regulasi dan UU,” ujar dia.

Terkait tahapan kampanye Pilgub Sumbar 2020, Nova Indra mengungkapkan akan dimulai pada 11 Juli hingga 19 September 2020 dengan rincian digelarnya pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum dan pemasangan alat peraga.

“Selanjutnya, 11 Juli 19 September juga akan digelar debat publik antar pasangan calon. Untuk jadwa kampanye media masa, cetak, dan elektronik baru bisa dilakukan pada 6 hingga 19 september 2020. Terakhir pada 20 hingga 22 September adalah masa tenang dan pembersihan alat peraga,” katanya.(rz)
 
Top