Faktual dan Berintegritas

Alirman Sori mengamati fasilitas pelayanan di Mall Pelayanan Publik Kota Payakumbuh. (ist)

PAYAKUMBUH - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Alirman Sori, berdecak kagum ketika memasuki Mall Pelayanan Publik (MPP)  Kota Payakumbuh, Jumat (3/12). MPP tersebut dinilainya tak kalah dengan Kota Metro di DKI Jakarta (Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan). Ia pun langsung mengacungkan dua jempol.

Menurut Alirman, dalam agenda resesnya di Pemko Payakumbuh, setelah melihat secara langsung tata kelola pelayanan publik di Pemko Payakumbuh untuk Sumatera Barat mungkin belum ada yang menandinginya. Karena itu, kabupaten/kota lain di Sumbar patut mencontoh MPP yang dibangun oleh Walikota Riza Falepi tersebut, yang memikirkan dan memberikan kemudahan pelayanan publik
kepada warganya secara mudah, cepat dan murah.

MPP tersebut diperuntukkan bagi multi pelayanan, di antaranya pelayanan e-ktp, pajak motor, passport, pernikahan, BPJS Kesehatan/Ketenagakerjaan, pelayanan jasa hukum dan pelayanan lainnya yang dilengkapi dengan fasilitas perbankan dan betul-betul memberikan pelayanan yang prima kepada  masyarakat. "Ini artinya Pemko Payakumbuh selalu hadir di tengah masyarakatnya," katanya.

Dalam  penyerapan aspirasi daerah di Pemko Payakumbuh kemarin itu dipimpin  langsung oleh Wako Riza Falepi, bersama Sekda, asisten, kepala OPD dan Camat. Dalam forum dialog terungkap beberapa persoalan daerah di Pemko Payakumbuh di antaranya belum adanya kejelasan tanah perkantoran Pemko Payakumbuh yang baru,  fisik bangunan kantor Wako yang berada di tanah milik Kabupten Limapuluh Kota, yang idealnya sudah harus ada penyelesaian status kepemilikan agar tidak terjadi komplik interest.

 "Penyelesaiannya sangat sederhana hanya urusan antara pemerintah to pemerintah yang tidak perlu berlarut-larut. Gubernur mesti memfasilitasi penyelesaiannya," ujar Alirman Sori.

Di kesempatan itu, Alirman memuji kinerja Riza Falepi, yang sudah dua periode menyandang amanah masyarakat Payakumbuh telah membuktikan kerja cerdas dangan sederet prestasi membangun kota itu.

Usai dialog, sejumlah wartawan meminta Alirman Sori memberi testimoni terhadap kerja Wako Payakumbuh. Menurut dia, Riza adalah walikota berprestasi sangat baik. "Jadi, sangat pantaslah dia digadang-gadang menjadi calon gubernur Sumatera Barat, karena prestasinya dua  periode menjadi walikota," kata  putra Pesisir Selatan ini. (sp)
 
Top