Suasana UKW di aula kantor gubernur Sumbar. (ist). 

PADANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi 24 wartawan daerah ini. Kegiatan yang berlangsung di aula kantor gubernur  itu dibuka Gubernur Sumbar diwakili Kepala Biro Humas, Jasman Rizal.

Dalam sambutannya, gubernur mengingatkan pentingnya kompetensi bagi seorang wartawan. Sebab, wartawan tugasnya menyampaikan informasi ke masyarakat.

Karena itu, gubernur sangat mendukung progra. PWI Sumbar tersebut. "Kita siap mendukung, karena ini penting," ujar dia.

Ketua PWI Sumbar, H. Heranof Firdaus  mengatakan, saat ini masih banyak anggota PWI daerah ini yang belum kompeten. Karena itulah PWI Sumbar kembali mengadakan UKW.

Direktur UKW, Prof. DR. Rajan Ritonga dalam sambutannya menyebutkan bagi yang belum kompeten pada UKW ini baru bisa mengulang lagi setelah enam bulan. "Walau mengikuti di daerah lain, tetap baru bisa setelah enam bulan dari sekarang," katanya.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana UKW, Sawir Pribadi dalam laporannya mengatakan, ini adalah UKW pertama PWI Sumbar di 2020 dan yang ke 14 secara keseluruhan. Pesertanya sebanyak 24 orang berasal dari berbagai media, baik  cetak, online,  televisi dan radio.

Untuk UKW kali ini, PWI Sumbar hanya menampung peserta untuk tingkat muda. Sedangkan untuk tingkat madya dan utama akan diselenggarakan pada kesempatan berikutnya.  (sp)
 
Top