BATUSANGKAR - Ratusan relawan ikut membersihkan material yang terbawa galodo di Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (18/1). Di antara relawan itu terdapat dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sumbar.

Bersama para relawan MDMC tersebut, terlihat pula Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat Dr. H. Shofwan Karim dan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Dr. Riki Saputra menyerahkan bantuan darurat.

Ratusan relawan tersebut berjibaku membantu petugas Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar membersihkan material galodo  yang menimbun rumah warga. Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar, mengerahkan seluruh anggota Siaga Bencana Nagari.

“Bantuan yang kita salurkan berupa bahan-bahan kebutuhan pokok. Semoga dapat meringankan beban para korban. Relawan MDMC Sumbar juga dikerahkan membantu membersihkan lumpur yang menimbun bangunan milik masyarakat,” ujar Shofwan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya,  galodo atau banjir bandang melanda Padang Laweh Malalo itu terjadi Jumat (17/1) sekitar pukul 04.25 WIB. Sejumlah rumah mengalami rusak berat, satu mobil dan beberapa sepeda motor hanyut. Selain itu areal pertanian masyarakat setempat menjadi rusak.

Warga yang terdampak bencana diungsikan ke tempat yang lebih aman. Pihak-pihak kompeten memperkirakan, potensi galodo susulan masih ada dan bisa saja terjadi lantaran kondisi di hulu masih labil, terutama ketika terjadi hujan lebat. (mm)
 
Top