Petugas kepolisian dan pedagang berjaga di Pasar Lubuak Aluang. (ist). 

LUBUAK ALUANG - Para pedagang dan pemuda di Pasar Lubuak Aluang, Padang Pariaman, Sumatera Barat kini giat ronda malam. Ronda dilakukan secara bergiliran sejak adanya upaya percobaan pembakaran pasar tersebut oleh orang tak dikenal, Senin (13/1) lalu.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian masih menyelidiki siapa pelaku yang hendak membakar  Pasar Lubuak Aluang tersebut. "Ya, kita masih melakukan penyelidikan," kata Kapolsek Lubuak Aluang, AKP Edi Karan dikutip Harian Singgalang.

Edi Karan yang ditemui wartawan, Rabu (15/1), menyebutkan, beberapa saksi telah dimintai keterangan, termasuk seorang tunawicara yang telah melihat dan berusaha memadamkan api saat kejadian.

Sebelumnya Edi Karan menjelaskan, peristiwa cukup menggemparkan itu terjadi sekitar pukul 19.55, Senin (13/1).  Api pertama kali dilihat oleh seorang tunawicara.

Melihat ada api menyala pada salah satu kios, saksi tersebut bergegas mengambil air dan menyiram.
Upayanya  dibantu oleh sejumlah warga lainnya, dan berhasil.

Dari hasil olah tempat kejadian peristiwa (TKP), ulas Kapolsek, diketahui ada 15 kios, yang merupakan kios penampungan sementara bagi pedagang korban kebakaran yang lalu, yang telah disirami pelaku dengan minyak tanah.

Pasca kejadian, Pasar Lubuak Aluang menjadi ramai. Bahkan tak sedikit dari pemilik kios yang bertahan hingga pagi. Mereka berjaga-jaga, agar tidak ada lagi upaya pembakaran di pasar itu.

Berdasarkan hasil musyawarah Kapolsek dengan pengurus pasar dan para pedagang, ujar Kapolsek, telah dilakukan ronda setiap malam untuk pengamanan pasar tersebut dari tindak kejahatan. (dr)

 
Top