KECIPAK air bercumbu dengan bebatuan, ditingkahi suara burung-burung bernyanyi di pepohonan membuat suasana romantis tiada duanya. Hembusan semilir angin gunung membuat gerah pun hilang.

Pikiran yang semak akibat rutinitas senantiasa hilang seketika. Tenggorokan yang sesak oleh asap-apak mesin pun lega. Udara bersihnya cukup untuk mencuci paru-paru.

Di sinilah tempatnya untuk semua itu. Aliran sungai cukup besar yang berhulu dari Lubuk Selasih dan bermuara di Danau Singkarak  tak kan pernah membuat bosan.

Mau mandi-mandi di air nan bening silahkan. Habis mandi, berjemur di batu-batu besar, lalu mandi lagi. Pasti takkan bosan.

Atau yang hobi memancing, juga bisa. Umpannya tak sulit, cukup cacing.

Penat mandi atau mancing, rumah  pohon telah tersedia untuk istirahat. Rumah pohon tersebut cukup  buat bercengkerama dengan keluarga atau  bersama teman dan sahabat.  Pokoknya Anda dijamin  puas di tempat ini.

Itulah tempat rekreasi baru di Nagari Jawi-jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Tak jauh. Lokasinya berada di pinggir sungai, sisi jalan kabupaten yang menghubungkan Jawi-jawi dengan Gantuang Ciri, Kecamatan Kubung.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan bermotor dari Padang, tinggal belok kiri di Koto Gadang Guguk. Atau yang dari arah Solok, belok kanan. Setelah 2 km dari simpang itu, belok kiri arah Pinang Sinawa atau arah Gantuang Ciri.

Sepanjang jalan,  sebelum sampai di lokasi, Anda disuguhi panorama alam nan memukau. Hamparan pepohonan hijau cukup buat mencuci mata yang telah  buram akibat memelopori android setiap saat.

Di sebuah jembatan selepas turunan, akan ketemu objek rekreasi ini. Silahkan turun dari kendaraan dan nikmati asri alamnya.

Suguhan alam yang menarik ditata sedemikian rupa oleh tangan-tangan anak muda Jorong Pakan Jumek, Nagari Jawi-jawi sangat mengundang decak kagum. Hingga sekarang para anak muda tersebut masih terus menata dan melengkapinya. Diyakini yang datang satu kali, akan berulang di lain waktu.

Nah, tunggu apa lagi. Mari menikmati liburan atau berakhir pekan di tempat ini. Silahkan juga berselfie sepuas-puasnya untuk dibagikan ke teman, sahabat dan handai taulan melalui sosial media.

Selamat menikmati buah tangan anak-anak muda Pakan Jumek Jawi-jawi ini. Semoga Anda puas. (Sawir Pribadi)
 
Top