BATUSANGKAR, Swapena - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar menyalurkan bantuan pendidikan sebesar Rp1.888.000.000 kepada 4.345 siswa SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Tanah Datar. Penyerahan dilakukan secara simbolis di MTs Muhammadiyah Lima Kaum, Senin (30/11).

Bupati Tanah Datar diwakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi dalam sambutan memberi apresiasi terlaksananya penyaluran bantuan kepada siswa dari keluarga mampu.

"Atas nama pemerintah daerah, saya mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini terus berlanjut dan dapat ditingkatkan," sampai Riswandi.

Lebih lanjut Riswandi mengatakan program Baznas membantu bidang pendidikan dan membantu masyarakat yang membutuhkan berarti turut mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Khusus bidang pendidikan jelas Riswandi, Tanah Datar memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia sebagai program unggulan.

"Tanah Datar terbatas dengan sumber daya alam maka pembangunan sumber daya manusia menjadi prioritas untuk menciptakan daya saing yang tinggi. Program Gerbang Cerdas salah satunya yakni menjamin anak Tanah Datar agar bisa melanjutkan pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi negeri melalui dukungan pemerintah daerah, Baznas, perantau dan swasta," tekannya.

Riswandi mengatakan dengan APBD yang terbatas, peran stake holder lain khususnya Baznas sangat dibutuhkan untuk membantu anak-anak Tanah Datar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Riswandi juga berharap Baznas bisa menjadi lembaga yang lebih amanah dan profesional sehingga persoalan-persoalan pendidikan, kesenjangan sosial dan kemiskinan dapat diminimalisir dengan program Baznas yang baik dan terarah.

"Semoga potensi zakat juga tidak hanya dari zakat profesi pegawai negeri tetapi juga dari zakat pertanian, perkebunan, perdagangan, pertambangan dan sumber-sumber daya lain yang bisa dikelola untuk kemaslahatan umat," pungkasnya.

Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah mengatakan bantuan senilai Rp 1.888.000.000 ini berasal dari zakat guru dan zakat sertifikasi guru.

Tidak hanya untuk siswa, ulas Yasmansyah, sebelumnya juga sudah disalurkan bantuan Rp680 juta untuk beasiswa masuk perguruan tinggi negeri kepada 333 orang dan Rp100 juta untuk beasiswa ke Timur Tengah serta beasiswa untuk anak  miskin yang kuliah di luar daerah sebesar Rp44 juta.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat untuk anak-anak kita dan menambah motivasinya giat belajar demi masa depan yang lebih baik lagi dan kami do'akan para muzaki diberi keberkahan dan kelapangan rezkinya serta tetap mempercayakan kepada Baznas untuk masyarakat Tanah Datar," pungkasnya.

Turut hadir Camat Lima Kaum Hendra Setyawan, Kepala Kantor KUA Lima Kaum, Pimpinan Daerah Aisyah Rusyda Rusli, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lima Kaum Mustafa Akmal serta undangan lainnya. (hms)

 
Top