Kadis Kesehatan Dr. Novirman. S. KM. M.M (kanan) Kasi. Surveilance,  Mega Verta Christina dan Kabag Humas Firdaus Firman membahas isu Covid-19 Solsel.  (Af)

PADANG ARO, Swapena - Terkait dengan percepatan, dalam penanganan Covid-19 di Solel, pihak Dinas Kesehatan dan RSUD setempat siap untuk membantu pelaksanaan uji swab/pengambilan swab bagi seluruh masyarakat. 

Seperti dikatakan Kadis Kesehatan Solsel usai melaksanakan kegiatan sepeda santai (gowes) dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 56, Jumat (13/11), disetiap Puskesmas dan setiap hari Rabu,  masyarakat yang ingin melakukan tes swab bisa dilayani. 

Sedangkan di RSUD juga bisa melakukan tes swab setiap waktunya, terutama jika ada pasien yang masuk, " jelasnya. 

"Kita sudah jadwalkan 10 Puskesmas yang ada di Solsel, setiap hari Rabu bisa melakukan pelayanan  tes swab bagi masyarakat, " kata Novirman. 

Selain dengan melakukan pelayanan tes swab untuk percepatan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, pihaknya sangat berharap proaktif Pemerintahan Kecamatan bersama Nagari untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes)  dan mematuhi Perda nomor 6 tahun 2020 Tentang AKB. 

Bahkan dengan dibetuknya nagari tageh disetiap kecamatan yang ada di Solsel akan lebih mempermudah pengetahuan, pemahaman masyadakat terhadap virus Covid-19 itu, " jelas Novirman. 

Sementara itu, dari data pantauan covid-19 Kabupaten Solok Selatan, Kamis 12 November 2020 tercatat ada penambahan sembuh pasien Covid-19 sebanyak 1 orang atas nama DR (52) perempuan, alamat Lundang Nagari Pasir Talang Barat, pekerjaan ASN di OPD Pemkab. Solsel. 

Selain itu juga ada penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 2 orang diantaranya, NY (48) perempuan, alamat Bukik Sikumpa Nagari PDNB,  pekerjaan IRT. Selanjutnya SS (43) laki-laki,  alamat Karang Putih Nagari Lubuk Gadang Selatan,  pekerjaan Tani. 

Hingga kamis kemarin total kasus positif Covid-19 Solsel sebanyak 149, adapun kumlah pasien sembuh sebanyak 25 orang,  dan yang meninggal sudah 2 orang, " terang Novirman. 

Sementara Kasi Surveilance Dinas Kesehatan Solsel, Mega Verta Christina, S. KM. M. Si, menambahkan, pasien positif yang saat ini tengah dirawat di RSU. M. Nastsir 1 orang,  di RSUD Solsel 4 orang dan yang isolasi mandiri 20 orang. 

Dilaporkannya juga,  bahwa total spesimen yang telah diperiksa sudah sebanyak 9274 dengan positivity 1,60 %. Adapun kasus suspek yang sudah selesai sebanyak 243 orang dan yang sedang dalam perawatan 3 orang, " demikian Mega. (Af)

 
Top