Cabang Fahmil Alquran. 

PADANG, Swapena - Hari kedua, Senin (16/11) ini, 29 peserta asal Sumatera Barat sudah tampil pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-28.  Dari jumlah peserta sebanyak itu, beberapa orang menempati tiga besar pada babak penyisihan.

"Sekarang masih babak penyisihan, semoga nilai anak-anak kita tetap bisa bertahan hingga mencapai babak final nanti," harap Ketua Kafilah Sumbar, Syaifullah.

Dikatakannya, yang mendapatkan nilai terbaik itu pada golongan fahmil Alquran, yang mencapai 1.810 poin atas nama M. Harun A, Rahyan H.F, Muh Dhonan, L.

Tim fahmil Sumbar mengalahkan tim dari Sulawesi Tenggara meraih poin 650 dan Papua Barat dengan poin 450 pada grup 6. Atas perolehan poin tersebut menempatkan Sumbar pemilik poin tertinggi dari 7 grup.

Selain itu, ada nama Muhammad Mufid Al Izza turun pada golongan Tilawah 10 Juz dengan poin 97.00. Dengan angka itu, Sumbar memperoleh nilai tertinggi pada golongan ini.

Berikutnya, ada nama H. Dasrizal yang turun pada Tilawah Dewasa. Ia meraih angka 91.58. Dengan itu juara MTQ internasional ini harus berada pada posisi dua setelah tertinggal dari qari DKI Jakarta, atas nama Ilham Mahmudin. Pada kesempatan itu Ilham meraih poin tidak beda jauh yakni 91.67.

Dua hari perlombaan yang dimulai Minggu (15/11), peserta Sumbar yang sudah tampil yakni, Tartil Dasar Putra atas nama Afdholul Zikri N, 1 Juz Tilawah atas nama Finta Putri Shaleha, Qiraat Muratal Remaja Putri atas nama Saufa Atika Ulya.

Selanjutnya, Qiraat Sab'ah Mujaddawad Putra atas nama Abdullah Fikri, Khat Naskah Putra atas nama Rivi Pratama Putra, Khat Naskah Putri, atas nama Mita Agusmi Elvia, KTIQ Putri atas nama Yunadi Hijrah. Termasuk Hifzhil 10 Juz Putri atas nama Nur Al Rahman, Hifzhil 20 Juz Putra atas nama M. Mufid Al Izza.

Kemudian, Qiraat Murattal Dewasa Putra atas nama H. Albizar, Fahmil Quran Putra dengan kelompok M. Harun Arrasyid, Hifzhil 20 Juz Putri atas nama Nurul Zahra, Canet Putri atas nama Jusmiarni dan Tilawah Dewasa Putra atas nama H. Dasrizal.

Pada Selasa (16/11) besok, ada 15 golongan lagi peserta Sumbar mengikuti lomba yakni, Tilawah Anak-anak putri, Tilawah Anak-anak putra, Tartil Dasar putri, Hifzhil 1 juz Tilawah Putra, Qiraat Murattal Remaja Putra, Fahmil Quran Putri.

Kemudian, Qiraat Saba'ah Mujawwad putri, Dekorasi Putra, Dekorasi Putri, KTIQ Pi, KTIQ Putra, Tilawah Remaja Putri dan canet putra. Kemudian, Hofzhil 5 Juz Tilawah Putra, Hifzhil 5 Juz Tilawah Putri dan Syarhil Quran Putri. "Semoga peserta kita yang masuk 3 besar pada babak penyisihan nilainya masih bertahan sampai babak final," harapnya lagi. (ys)

 
Top