Faktual dan Berintegritas

 


SOLSEL, Swapena  - Pjs Bupati Solok Selatan Jasman Rizal terima gelar adat "Datuak Bandaro Bendang" dari Kaum Kampai Nan 12 di Bauah Kanagarian Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Solok Selatan.

 Pemberian gelar adat ini atas kesepakatan seluruh ninik mamak Suku Kampai Nan 12 di Bauah di bawah payuang Inyiak Majolelo beserta empat suku yang lain di  Kanagarian Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Solok Selatan dan permufakatan Pangulu pucuak dan sandi kaum Kampai Bendang Palangai (Balai Selasa) Pesisir Selatan. Pemakaian gelar adat ini disematkan melalui serangkaian prosesi adat yang cukup panjang dan kesepakatan dari beberapa Datuak dari beberapa suku yang ada didaerah setempat.

 "Gelar Datuak" yang telah dilewakan (diberikan) bagi masyarakat minangkabau adalah gelar yang dikhususkan kepada seseorang yang  dianggap bijaksana dalam bersikap, dinilai bisa mengayomi anak, kemenakan dengan baik. Selain itu "Gelar Datuak" diberikan kepada seseorang juga berarti bahwa orang tersebut dapat berlaku adil, meletakkan hukum dengan baik. "Dapek menjadi niniak mamak, barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang, anak dipangku kamanakan dibimbiang (Dapat menjadi ninik mamak, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, anak dipeluk kemenakan dibimbing)

 Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutan prosesi adat "Batagak Gala" Pjs. Bupati Solok Selatan yang digelar di "rumah tinggi" Inyiak Majalelo yang masih terpelihara keasliannya, Sabtu (28/11) memberikan apresiasi atas nama pemerintah kepada Pjs. Bupati Solok Selatan.

 "Prosesi Batagak Gala ini menandakan adat budaya masih tumbuh dalam nagari. "Batagak Gala" adalah salah satu bentuk melestarikan kegiatan adat nagari, dan juga sebagai identitas kita sebagai masyarakat minang," kata Irwan.

 "Prosesi Batagak Gala adalah sebagai contoh untuk kedepan, begitulah musyawarah, keputusan diambil setelah melalui proses kesepakatan dan proses pertimbangan yang matang," tambah Irwan.

 Terakhir Gubernur berharap gelar yang telah diberikan tidak untuk gaya-gayaan, tidak untuk gagah-gagahan, tapi adalah tanggung jawab dunia akhirat.

 Pjs. Bupati Solok Selatan Jasman Rizal  dalam sambutannya setelah prosesi gelar adat mengucapkan terima kasih kepada para datuak kaum, karena telah diberi kepercayaan dan amanah atas gelar "Datuak Bandaro Bendang" yang telah disandangnya.

 "Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Solok Selatan khususnya Kanagarian Sungai Talang, karena diakhir masa jabatan saya sebagai Pjs. Bupati, saya diberikan amanah dengan gelar ini, mudah-mudahan kedepannya saya bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab ini dengan baik, diajak sehilir semudik." ucap Jasman.

 Pucuak Kampai 12 Nan Dibawuah Inyiak Majolelo dari Alam Surambi Sungai Pagu dan pucuak Kampai Bendang dari Palangai K. Dt. Saridano menyatakan, bahwa gelar Datuak Bandaro Bendang merupakan gelar yang telah lama tenggelam, hari ini dibangkitlan kembali dengan istilah Mambangkik Batang Tarandam. Gelar ini terpakai di Alam Surambi Sungai Pagu dan terpakai juga di Nagari Palangai Banda Sapuluah (Pesisir Selatan).

 Turut hadir, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Drs. Alwis, Kepala OPD, Jajaran Pemda Solok Selatan, Polsek, Danramil, Pemuka Masyarakat, Tokoh Adat, Alim Ulama, Bundo Kanduang serta awak media. (Kmf)

 
Top