Dr. H. Novirman. S. KM. MM

PADANG ARO, Swapena - Masyarakat Solok Selatan  yang terkonfirmasi positif Covid-19 kembali bertambah. Selain masih didominasi Aparatur Sipil Negara (ASN), ada juga calon pengantin.

Dari data pantauan Covid-19 Kabupaten Solok Selatan,  hasil pemeriksaan laboratorium pusat diagnostik dan riset Fakultas Kedokteran Unand,  yang keluar Jumat (20/11/2020) tercatat 10 orang yang positif covid-19. 

Mereka yang positif covid-19 itu Orang Tanpa Gejala (OTG), dan dari tiga tahap pemeriksaan dari pengambilan sampel swab 16 November 2020.

Kadis Kesehatan Dr. H. Novirman. S. KM. MM didampingi Kasi Surveilance Dinas Kesehatan Solsel, Mega Verta Christina, S. KM. M. Si, Jumat  sore (20/11/2020) membenarkan bahwa hari ini kembali ada penambahan positif covid-19 sebanyak sepuluh orang.

Hasil yang keluar itu adalah dari tiga tahap pemeriksaan yang dilakukan. Bahkan salah satunya yang positif adalah calon pengantin, " katanya.

Adapun yang positif covid-19 itu, klasternya dari tiga tahap pemeriksaan. Pertama dari kontak erat kasus positif covid-19 sebelumnya. Kedua dari skreening swab calon pengantin dan ketiga dari pelaku perjalanan. 

Data pasien positif covid-19 itu antara lain, FN (37) perempuan, alamat Mudiak Lolo Timur Nagari Sako Pasia Talang, pekerjaan ASN. SR (25) perempuan, alamat Jorong Bariang Nagari Lubuk Gadang, pekerjaan pegawai honorer. IYF (31) perempuan, alamat Bukik Malintang Barat Nagari Lubuk Gadang, pekerjaan ASN. 

Selanjutnya,  EE (31) laki-laki, alamat Sungai Padi Nagari Lubuk Gadang, pekerjaan swasta, AZ (41) laki-laki,  alamat Perumnas Sungai Lambai Nagari Lubuk Gadang Selatan, pekerjaan ASN, MFA (11) laki-laki, alamat Perumnas Sungai Lambai Nagari Lubuk Gadang Selatan, pelajar. EN (33) perempuan, alamat Perumnas Sungai Lambai Nagari Lubuk Gadang Selatan, pegawai honorer. 

Berikutnya,  MRS (19) perempuan, alamat Jorong Lubuk Kasai Nagari Pakan Rabaa Timur, pekerjaan IRT. AD (25), laki-laki, alamat Jorong Lubuk Kasai Nagaro Pakan Rabaa Timur, pekerjaan petani dan terakhir, RD (25) laki-laki, alamat Benteang Nagari Bomas Koto Baru, pekeraan swasta, " jelas Novirman.

Hingga hari ini (Jumat-red) total kasus positif covid-19 Solsel sudah 165 orang. Sementara yang sudah sembuh 137 orang, dan dalam perawatan / isolasi sebanyak 26 orang. Sedangkan kasus covid-19 yang meninggal tercatat 2 orang," tambanya. 

Adapun rincian pasien covid-19 yang isolasi mandiri menurut Novirman sebanyak 23 orang, dirawat di RSUP M. Djamil 1 orang dan di RSUD Solsel 2 orang

Sedangkan Kasi Surveilance Dinas Kesehatan Solsel, Mega Verta Christina, S. KM. M. Si, menjelaskan total spesimen yang telah diperiksa hingga kini sudah 9546, dengan positivity rate 1,72%.

Total kasus suspek yang sudah selesai sebanyak 256 orang dan tidak ada yang sedang dirawat, "demikian Mega.  (Af)

 
Top